Breaking News:

Sentra Vaksinasi Gamers-Technoplast Targetkan 5.000 Akseptor Remaja

pendekatan berbasis komunitas adalah cara yang ampuh untuk meningkatkan minat dan kepercayaan kelompok remaja untuk mau di vaksin Covid-19.

HandOut/IST
Sentra Vaksinasi Gamers. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 membuka peluang aktivitas pembelajaran tatap muka bagi kelompok remaja.

Untuk itu pembentukan kekebalan di kelompok usia 12-17 tahun adalah mutlak prioritas sambil tetap memastikan proses vaksinasi terjaga kualitasnya dari mulai penyimpanan vaksin hingga proses penyuntikan.

Dengan semangat gotong royong, Kodam Jaya bersama Elevate Indonesia (EI), Indonesia Optimism (IO), BSD Extreme Park (BXP), Satu BSD, ProSehat, dan Technoplast maka hadirlah “Sentra Vaksinasi Gamers” (SVG) selama dua hari pada 4-5 September 2021 menggelar kegiatan vaksinasi untuk penyuntikan dosis pertama.

Baca juga: Segera Daftar Vaksinasi, Dokter Reisa Pastikan Stok Vaksin Banyak, Dijamin Mutu dan Khasiatnya

Kegiatan ini disusul dengan penyuntikan dosis kedua selama dua hari pada 2-3 Oktober 2021bertempat di BXP, Tangerang, Banten.

Kegiatan ini memasang target 5.000 akseptor vaksin selama dua hari kegiatan dengan sasaran utama kelompok remaja, pendamping remaja, kelompok rentan/marjinal, penyandang disabilitas, panti asuhan, pengidap auto-imun, dan penghuni panti asuhan/sosial di wilayah Tangerang.

Sjamsoe Fajar, Direktur Utama PT Trisinar Indopratama (Technoplast) menjelaskan, pendekatan berbasis komunitas adalah cara yang ampuh untuk meningkatkan minat dan kepercayaan kelompok remaja untuk mau di vaksin Covid-19.

Baca juga: Cara Daftar Vaksin Covid-19 Melalui HP di PeduliLindungi dan Vaksin Loket, Ini Linknya

"Pembentukan kekebalan komunal perlu terus dikejar agar masyarakat bisa secara bertahap kembali memulai aktivitas yang produktif,” ujar Sjamsoe Fajar, Direktur Utama Trisinar Indopratama (Technoplast).

Irland Suud, Ketua Panitia Sentra Vaksinasi Gamers menyambut antusias kolaborasi lintas pemangku kepentingan yang mewakili pemerintah, pelaku usaha, dan tentunya komunitas gamers yang jumlah nya sangat potensial untuk dapat berkontribusi membentuk kekebalan komunal secara nasional.

“Kami dari komunitas Gamers ingin membuktikan bahwa kami siap berkolaborasi dengan banyak pihak dan turut serta membantu pemerintah dalam mempercepat proses vaksinasi khususnya bagi kelompok remaja," ujarnya.

dr Gregorius Bimantoro - CEO dan Co-Founder Prosehat menjelaskan, proses penyimpanan vaksin Covid-19 selama proses pelayanan kepada masyarakat merupakan bagian kritikal untuk memastikan vaksin tidak rusak, dan memberikan efek kekebalan kepada seluruh akseptor vaksin.

“Vaksin adalah produk biologis yang mudah rusak bila tidak disimpan secara tepat dan cermat, untuk itu perangkat penyimpan vaksin adalah satu instrument penting dalam memastikan vaksin tidak rusak selama proses vaksinasi, dan diharapkan memberikan efek kekebalan yang optimal saat diterima tubuh.” jelas dr. Bimantoro

Siti Nadia Tarmizi, Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan RI menjelaskan, saat ini pemerintah mengejar pencapaian target 2 juta vaksinasi Covid-19 per hari pada September 2021 dengan melibatkan berbagai instansi terkait, termasuk komunitas-komunitas yang memiliki basis massa yang kuat.

Menurut Nadia strategi untuk mencapai target tersebut ditempuh dengan melibatkan unsur TNI, Polri, swasta, ormas, dan organisasi keagamaan.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved