Breaking News:

Program Rumah Bunda Sehat, Bentuk Intervensi Penanganan Stunting di Bekasi

Sejak tahun 2020, kota Bekasi menjadi salah satu kota lokasi fokus pencegahan dan penanggulangan stunting terintegrasi di Indonesia.

Editor: Willem Jonata
Shutterstock
Ilustrasi anak saat masa pertumbuhan. 

TRIBUNNEWS.COM - Kota Bekasi dengan jumlah penduduk yang tinggi, karakter masyarakat yang heterogen serta mobilitas yang tinggi, berpotensi memiliki berbagai masalah sosial di masyarakat. Termasuk masalah kesehatan seperti stunting.

Stunting pada anak usia dini perlu mendapatkan perhatian khusus karena menyebabkan buruknya kemampuan kognitif, terhambatnya pertumbuhan fisik, perkembangan mental dan status kesehatan.

Sejak tahun 2020, kota Bekasi menjadi salah satu kota lokasi fokus pencegahan dan penanggulangan stunting terintegrasi di Indonesia, dengan ditetapkannya 24 kelurahan yang menjadi lokasi fokus (lokus) stunting di area Bekasi.

Baca juga: Menko PMK: Stunting dan TBC Tidak Hanya Terjadi di Masyarakat Miskin

Baca juga: Di Tengah Pandemi, 3 Provinsi Ini Diprediksi Alami Kenaikan Kasus Stunting

"Terlepas dari situasi pandemi yang dialami, kita juga perhatian akan permasalahan gizi dan nutrisi ibu dan anak, termasuk stunting," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi Tanti Rohilawati.

Dalam menurunkan angka prevalensi stunting di Kota Bekasi, pihaknya berfokus pada intervensi spesifik penyebab langsung dan intervensi sensitif untuk penyebab tidak langsung.

"Kami juga berupaya untuk menjalin keterlibatan dan kerjasama multipihak untuk penanggulangan stunting di Kota Bekasi mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan sampai dengan evaluasi sesuai dengan aksi intervensi yang telah ditetapkan," lanjutnya.

Sebagai bentuk intervensi penanganan stunting, Danone Indonesia menghadirkan Bunda Duta Gizi dalam program Rumah Bunda Sehat fase kedua di Bekasi.

Baca juga: TP PKK Pusat Mengharapkan Kader PKK Aktif dalam Pencegahan Stunting

Tanti Rohilawati mengapresiasi kehadiran Rumah Bunda Sehat yang terus ditingkatkan perluasan programnya pada fase 2 ini, sebagai upaya preventif dan promotif yang sangat diperlukan agar para orang tua lebih memerhatikan dan memantau tumbuh kembang anak.

Rumah Bunda Sehat digagas oleh Danone Indonesia sejak 2016 sebagai salah satu program berbasis komunitas yang berfokus pada edukasi nutrisi untuk ibu dan anak serta pemberdayaan ekonomi.

Pendirian RBS ini telah hadir di Bekasi di daerah Pekayon Jaya dengan inisiatif dilapangan berupa pembentukan para perwakilan dalam Bunda Duta Gizi sebagai satelit di masyarakat dan menjangkau lebih dari 1000 masyarakat.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved