Breaking News:

Kampung Binaan IKPP Tangerang Raih Penghargaan dari KLHK

Melalui penghargaan ini, Kholisul berharap dapat menjadikan motivasi wilayah lain agar melakukan hal yang sama

Penulis: Sanusi
Editor: Eko Sutriyanto
ist
Dianggap mampu beradaptasi serta mitigasi terhadap perubahan iklim secara berkelanjutan, RW 04, Kampung Marga Jaya, Kelurahan Pakulonan Barat, Kecamatan Serpong Utara meraih penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) kategori Sertifikat Proklim Utama. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Sanusi

TRIBUNNEWS.COM, TANGERANG - Dianggap mampu beradaptasi serta mitigasi terhadap perubahan iklim secara berkelanjutan, RW 04, Kampung Marga Jaya, Kelurahan Pakulonan Barat, Kecamatan Serpong Utara meraih penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) kategori Sertifikat Proklim Utama.

Diketahui, ProKlim adalah bentuk apresiasi terhadap kelompok masyarakat yang melakukan aksi adaptasi dan mitigasi perubahan iklim secara berkelanjutan.

Wilayah RW 04 salah satu wilayah binaan program Corporate Social Responsibility (CSR) unit usaha Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas, PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk (IKPP) Tangerang.

Ketua RW 04, Kampung Marga Jaya, Kelurahan Pakulonan, Haidir mengatakan persiapan dalam penilaian Proklim membutuhkan waktu beberapa bulan. Dalam penilaian tersebut pihaknya didampingi tim CSR PT IKPP Tangerang.

"Bulan Agustus lalu, kita kedatangan tim penilai dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Proklim ini pun diinisiasi dari PT IKPP Tangerang," katanya saat dikonfirmasi, Selasa, (19/10/2021).

Baca juga: 3.000 Unit Kondominium Baru Banjiri Pasar, Lokasinya di Wilayah Tangerang dan Bekasi

Kemudian, sambung Khaidir, pendataan dan penilaian Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mulai dari kebersihan lingkungan, pertanian, sumur biopori serta TPS terpadu.

"Saat penilaian kita didampingi tim CSR PT IKPP Tangerang dan disaksikan camat, lurah dan Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangsel," ucapnya.

Khaidir menjelaskan kedepannya setelah mendapatkan sertifikat Proklim kategori Utama pihaknya akan mengajak wilayah lain agar bisa mempertahankan dan meningkatkan prestasi sehingga bisa didapuk menjadi Proklim Lestari.

"Penghargaan ini berkat dukungan masyarakat, PT IKPP Tangerang dan Pemkot Tangsel yang telah membantu Marga Jaya dalam meraih sertifikat Proklim kategori Utama," tegasnya.

Sustainability Head PT IKPP Tangerang Kholisul Fatikhin menuturkan program kampung iklim berlingkup nasional yang di inisiasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan tersebut dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman mengenai perubahan iklim dan dampak yang ditimbulkannya.

Baca juga: Ingin Dongkrak Kinerja UMKM Lewat Program Gratis Ongkir, Ahok: Dana CSR BUMN Bisa Dimanfaatkan

"Menjadi komitmen Indah Kiat untuk membantu masyarakat dan lingkungan di wilayah sekitar perusahaan dalam adaptasi dan mitigasi terhadapi perubahan iklim," ucapnya.

Melalui penghargaan ini, Kholisul berharap dapat menjadikan motivasi wilayah lain agar melakukan hal yang sama. Sehingga seluruh pihak terdorong untuk melaksanakan aksi nyata yang dapat memperkuat ketahanan masyarakat menghadapi perubahan iklim.

"Selamat kepada RW. 04 Marga Jaya Kelurahan Pakulonan Serpong Utara yang telah meraih sertifikat Proklim kategori utama. Saya berharap bisa menjadi virus ke wilayah lain dan bisa meningkatkan prestasinya," tandasnya.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved