Hari Bhayangkara

HUT ke-76 Bhayangkara, Polri Gelar Tabur Bunga di TMP Kalibata dan Makam Jenderal Hoegeng

Jalang HUT ke-76 Bhayangkara, Polri menggelar ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Rabu (29/6/2022).

Penulis: Adi Suhendi
Editor: Toni Bramantoro
Dok. Polri
 Listyo Sigit Prabowo di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Rabu (29/6/2022). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Jalang HUT ke-76 Bhayangkara, Polri menggelar ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Rabu (29/6/2022).

Dalam kesempatan tersebut,  Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo selaku inspektur upacara mengatakan, pihaknya sengaja menggelar ziarah dan tabur bunga untuk mengenang jasa para pahlawan bangsa. 

"Kegiatan kali ini merupakan bagian kita yang pertama penghormatan terhadap para pahlawan nasional yang telah berjasa, pada saat memperjuangkan kemerdekaan dan juga banyak senior-senior yang tentunya dimakamkan di taman makam pahlawan,” kata Listyo Sigit Prabowo, Rabu (29/6/2022). 

Dalam rangkaian upacara, dilakukan mengheningkan cipta dan memanjatkan doa. 

Listyo Sigit Prabowo kemudian menaruh karangan bunga di monumen dan lanjut menziarahi mantan Kapolri Jenderal Kunarto, Jenderal Dibyo Widodo, dan Jenderal Awaloedin Djamin. 

"Bagi kami spirit perjuangan beliau-beliau, kemudian hal-hal positif dan juga di satu sisi ini adalah kesempatan kami untuk memberikan penghormatan doa bagi para pendahulu kami," kata Listyo Sigit Prabowo

"Semangat kami untuk terus melanjutkan apa yang telah beliau-beliau ukir dan ini akan terus menjadi warisan kita terus akan kita perjuangkan untuk mengawal membawa institusi Polri menjadi lebih baik," lanjut Listyo Sigit Prabowo

Makam Jenderal Hoegeng

Terpisah, Kakorlantas Irjen Pol Firman Shantyabudi melakukan tabur Bunga dan ziarah ke makam Jenderal Pol (Purn) Hoegeng Iman Santoso di Makam Giri Tama, Desa Tonjong, Kecamatan Tajurhalang, Kabupaten Bogor. 

Dalam kesempatan tersebut Firman didampingi Danpas Gegana Korps Brimob Polri, Brigjen Pol Reza Arief Dewanto. 

Menurut Firman, Hoegeng adalah sosok yang berjasa dalam mengajar berbagai aspek kehidupan. 

Dia pun mendorong masyarakat Indonesia untuk menjalin nilai yang ditanamkan Hoegeng. 

"Silaturahmi tetap dijalin kita ingin nilai yang ditanamkan sosok bapak Hoegeng bisa terus dibawa dengan baik," kata Firman. 

Sebagai informasi, ziarah ini merupakan tradisi rutin tahunan Polri tiap menjelang peringatan Hari Bhayangkara. 

Tujuannya untuk mengenang dan menghormati jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur demi membela Tanah Air.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved