Media Asing Beritakan Pencalonan Anies Baswedan sebagai Presiden: Gubernur Populer 'Bersiap'

Media asing memberitakan pencalonan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai presiden di pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

Penulis: Rica Agustina
Editor: Tiara Shelavie
KOMPAS.com/SINGGIH WIRYONO
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat ditanya terkait pengusungan sebagai calon presiden pada pemilu 2024 oleh 32 DPW Partai NasDem. - Media asing memberitakan pencalonan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai presiden di pemilihan presiden (Pilpres) 2024. 

TRIBUNNEWS.COM - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku siap bertarung dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2024 jika ada partai yang mengusungnya.

Saat ini, Anies belum terikat kepada satu partai sehingga memungkinkannya untuk menjalin komunikasi dengan seluruh fraksi.

“Saya siap mencalonkan diri sebagai presiden jika sebuah partai mencalonkan saya,” katanya kepada Reuters dalam sebuah wawancara di Singapura.

Channel News Asia, media asing yang berbasis di Singapura, turut memberitakan kesiapan mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia itu.

Artikel berjudul “Gubernur populer ibukota Indonesia 'bersiap' untuk mencalonkan diri sebagai presiden” diawali dengan pernyataan kesiapan Anies.

Kemudian dilanjutkan profil singkat Anies dan bagaimana hasil jejak pendapat pencalonannya sebagai presiden.

Baca juga: Anies Baswedan Siap Maju Capres 2024, Ini Prediksi Pengamat dan Reaksi PKS-PDIP

Dengan masa jabatan lima tahunnya sebagai gubernur yang akan berakhir bulan depan, Anies Baswedan, 53, telah muncul dalam jajak pendapat independen sebagai salah satu tokoh teratas yang diperkirakan akan bertarung dalam pemilihan presiden pada Februari 2024, diwartakan Channel News Asia.

Media itu juga mengutip tanggapan Anies tentang hasil jejak pendapat untuknya.

“Survei yang tidak diminta ini terjadi bahkan sebelum saya berkampanye, saya pikir mereka memberi saya lebih banyak kredibilitas,” kata Anies.

Lebih lanjut, Channel News Asia memberitakan kandidat potensial calon presiden (capres), tanggapan analis terkait pencalonan Anies, dan bagaimana orang nomer satu di Ibu Kota itu menjabat sebagai gubernur.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved