Soal Pungli di Samsat, Kakorlantas Polri Sentil Kapolda dan Dirlantas Polda Metro Jaya

Kakorlantas sentil Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran dan Dirlantas Polda Metro soal adanya kasus pungutan liat (pungli) di Samsat Jaksel.

Kolase Tribunnews
kolase foto ilustrasi pungli dan Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi memberikan keterangan terkait dimulainya Operasi Zebra 2022 di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (3/10/2022). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi menyentil Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran dan Dirlantas Polda Metro soal adanya kasus pungutan liat (pungli) di Samsat Jakarta Selatan.

Diketahui, kegiatan pungli tersebut terbongkar saat komika Soleh Solihun hendak membayar pajak lima tahunan di Samsat yang terletak di Polda Metro Jaya.

"Ya Ini ada Dirlantasnya, Ada Kapoldanya. Ya pasti semuanya itu tidak boleh udah," kata Firman kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (3/10/2022).

Firman menginstruksikan kepada para perwira untuk selalu mengawasi kerja anak buahnya di lapangan.

"Masing-masing perwira bisa diminta mengawasi anak buah," ucapnya.

Di sisi lain, Firman menyebut perlu adanya kerjasama antara pihak kepolisian dan warga untuk mengantisipasi adanya praktik pungutan liar.

Firman sendiri mengaku tegas melarang anggotanya melakukan pungutan liar (pungli). 

"Pungli itu sudah tidak boleh sudah makanya jangan pake nyuap-nyuap sabar aja ya. Jangan ada pengen cepet nanti petugasnya diiiming-iming kaya gitu nanti imannya rusak. Kita sama-sama bisa bersihkan," ucapnya.

Firman menerangkan, masyarakat diharapkan melaporkan jika menjadi korban pungli.

Namun, juga perlu memperhatikan keakuratan dalam hal memberikan informasi.

"Langkah kita kedepan polisi juga gak mau dituding terus tempatnya pungli. Cek itu siapa yang pungli, kemana supaya laporannya jelas," ungkapnya.

Baca juga: Komika Soleh Solihun Jadi Korban Pungli di Samsat Polda Metro Jaya, Begini Akhir Kasusnya 

Sebelumnya, Seorang komika, Soleh Solihun menceritakan pengalamannya saat membayar pajak kendaraannya di Samsat Jakarta Selatan atau di Polda Metro Jaya, Jakarta.

Soleh awalnya bercerita datang ke Samsat untuk memperpanjang pajak 5 tahunan sekira pukul 08.00 WIB.

Saat itu, Soleh langsung ke lokasi cek fisik kendaraan yang berada di bagian belakang Samsat.

Halaman
123
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved