MotoGP 2022

Pengamanan Berlapis di Balik Suksesnya Gelaran MotoGP Mandalika

Pengamanan Berlapis di Balik Suksesnya Gelaran MotoGP Mandalika
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Marshal memadamkan api yang membakar motor pembalap dari tim Suzuki Ecstar Alex Rins pada gelaran MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (19/3/2022). Race Director MotoGP, Mike Webb memuji kesgapan dan kinerja para marshal yang bekerja di gelaran MotoGP Mandalika 2022. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengamanan berlapis yang melibatkan Polri, TNI, BIN dan pemerintah daerah mendukung suksesnya penyelenggaraan kegiatan balap MotoGP Indonesia Grand Prix di Sirkuit Mandalika, Lombok, 18-20 Maret 2022.

Polda Nusa Tenggara Barat memprediksi gelaran ini disaksikan langsung oleh sekitar 65 ribu orang di Pertamina Mandalika International Street Circuit pada Ahad, 20 Maret mendatang.

Pihak keamanan menyiapkan 3.427 personel bersiaga di lokasi yang merupakan gabungan dari Polri, TNI, Satpol Polisi Pamongpraja dan tenaga keamanan ketertiban masyarakat daerah. Pengamanan bukan hanya selama tiga hari acara berlangsung, tapi 10 hari.

Baca juga: Resmi! MotoGP Melarang Penggunaan Perangkat Pengatur Ketinggian Mulai Musim Depan

“Dari H-3 sampai H+3. Seluruh tim gabungan menjaga keamanan di dalam kawasan dan luar kawasan. Maksudnya, ada yang di dalam sirkuit, sekitar wilayah sirkuit, serta di luar kawasan misalnya untuk pengamanan lalu lintas,” kata Kabid Humas Polda NTB Komisaris Besar Pol Artanto, 17 Maret 2022 di acara @Ngobrol Tempo bertajuk “Kolaborasi Sektor Kesehatan dan Keamanan untuk Suksesi Pertamina Grandprix of Indonesia 2022.”

Artanto menjelaskan, bantuan keamanan juga berdatangan dari Pulau Jawa, khususnya Jakarta. “Kami sudah minta bantuan dari BKO (bawah kendali operasi), TNI, Sabhara, Brimob, dan Polair,” ujarnya. Khusus pengamanan VIP kedatangan Presiden, kepolisian daerah mendapat bantuan dari Jakarta berupa 40 mobil patwal beserta motor besar dan kru serta helikopter.

Baca juga: Sukses Juarai MotoGP Mandalika 2022, Motivasi Miguel Oliveira Memenangkan Setiap Balapan Meningkat

Untuk mengantisipasi gangguan keamanan, Polda NTB mewaspadai maraknya pengoperasian drone tidak resmi sepanjang acara. Hartanto mengatakan jajarannya telah membentuk dua regu pengawas yang akan bertugas keliling di sekitar sirkuit.

Di bandara dan pelabuhan juga telah disiagakan tim anjing pelacak yang siap mengendus benda-benda terlarang.

Demikian juga terhadap aksi kriminalitas, telah disiagakan tim berpakaian sipil yang menyamar di antara penonton, di pasar yang banyak menjual cendera mata, dan gerai-gerai UMKM. Antisipasi ini bercermin dari kejadian pada gelaran World Super Bike (WSBK) November tahun lalu tentang komplotan pencopet internasional.

"Kami mengimbau wisatawan tetap waspada. Kalaupun menjadi korban kejahatan segera lapor kepada petugas. Bisa juga melalui nomor darurat 110 atau ke Whatsapp di nomor 0813 3934 4003. Setiap kejadian yang masuk ke nomor tersebut langsung diteruskan kepada petugas terdekat di lokasi kejadian,” ujar Hartanto.

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Sanusi
Halaman
12
Berita Terkait

MotoGP 2022

KOMENTAR

Berita Terkini