Majelis Perwakilan Rakyt Republik Indonesia

Pelantikan MPR 2019-2024 Sukses, Pimpinan Sidang Ucapkan Terima Kasih untuk Pimpinan dan Presiden

Anggota MPR sebelum memangku jabatannya mengucapkan sumpah/janji secara bersama-sama yang dipandu oleh Ketua Mahkamah Agung dalam Sidang Paripurna MPR

Pelantikan MPR 2019-2024 Sukses, Pimpinan Sidang Ucapkan Terima Kasih untuk Pimpinan dan Presiden
MPR RI
Pada 1 Oktober 2019 mereka mengikuti prosesi peresmian dan pelantikan sebagai anggota DPR, DPD, dan MPR. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mulai pukul 08.00 WIB, satu persatu calon anggota MPR/DPR/DPD Periode 2019-2024, memasuki Gedung Nusantara, Komplek Gedung MPR/DPR/DPD, Senayan, Jakarta.

Pada hari itu, 1 Oktober 2019, mereka mengikuti prosesi peresmian dan pelantikan sebagai anggota DPR, DPD, dan MPR. Prosesi acara dimulai setelah Presiden Joko Widodo didampingi oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla memasuki Gedung Nusantara sekitar pukul 09.57.

Begitu Presiden dan Wakil Presiden menduduki kursi yang telah disediakan, acara sidang pun dimulai.

Kesempatan pertama dalam sidang itu adalah pelantikan anggota DPR. Selepas pelantikan anggota DPR, sidang dilanjutkan dengan pelantikan anggota DPD. Setelah dua lembaga negara itu sukses dan lancar melantik anggotanya, sidang dipungkasi dengan sidang pelantikan anggota MPR.

Sekitar pukul 11.00, pimpinan MPR Sementara, yakni anggota MPR dari Kelompok DPD Sabam Sirait dengan anggota MPR dari Fraksi Nasdem Hillary Brigitta Lasut maju ke meja pimpinan sidang. Setelah tampil di meja sidang, sebelum sidang dibuka dirinya mengucapkan salam kepada Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Jusuf Kalla, pimpinan MPR, DPR, DPD Periode 2014-2019; calon anggota MPR Periode 2019-2024, Kepala Lembaga Negara, dan undangan lainnya.

Baca: Dilantik Hari Ini, Berikut Nama-nama yang Mengemuka Jadi Calon Pimpinan DPR dan MPR RI

“Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, Sidang Paripurna MPR Awal Masa Jabatan Anggota MPR Masa Jabatan 2019-2024 dengan agenda Peresmian Keanggotaan MPR, kami buka dan dinyatakan terbuka untuk umum," ujarnya. Selanjutnya palu sidang diketok oleh Sabam Sirait sebanyak 1 kali.

Dikatakan oleh perempuan dari Sulawesi Utara itu, mengawali Sidang Paripurna MPR RI, dirinya mengajak untuk memanjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah Subhanahu Waa Ta’alla, Tuhan Yang Maha Esa, karena atas rahmat dan karunia-Nya, semua sebagai rakyat dan bangsa Indonesia masih diberikan kekuatan untuk menjaga berdiri dan tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia, serta selaku calon anggota MPR.

"Insya Allah kita diberikan kesehatan dan bimbingan dalam melaksanakan tugas-tugas konstitusional yang menjadi tanggung jawab kita ke depan," ujarnya.

MPR RI sidang lantik 2
Proses sumpah jabatan MPR RI pun berlangsung dengan khidmat.

Disampaikan kepada calon anggota MPR, sesuai dengan agenda, hari ini adalah acara Pengucapan Sumpah/Janji Anggota MPR Masa Jabatan 2019-2024. Acara itu berdasarkan ketentuan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD sebagaimana dijabarkan dalam Pasal 9 ayat (1) Peraturan MPR RI Nomor 1 Tahun 2019 tentang Tata Tertib MPR RI yang menyatakan antara lain.

Sebelum pengucapan sumpah janji, dirinya mempersilahkan Sekretaris Jenderal MPR, Ma’ruf Cahyono, untuk membacakan Petikan Keputusan Presiden Republik Indonesia tentang Peresmian Keanggotaan MPR.

Selepas pria asal Banyumas, Jawa Tengah, membacakan Keputusan Presiden mengenai penetapan anggota MPR Periode 2019-2024, Brigitta Lasut bersama Sabam Sirait kembali ke kursi anggota untuk mengikuti bersama pelantikan anggota MPR. Perwakilan anggota MPR dari masing-masing agama pun maju ke depan untuk memwakili sumpah jabatan dari anggota yang seagama. Ketua MA Prof. Dr. H. Muhammad Hatta Ali, SH., MH, masuk ke dalam ruang sidang untuk memandu sumpah jabatan yang diikuti oleh semua anggota MPR.

Proses sumpah jabatan pun berlangsung dengan khidmat.

Usai perwakilan masing-masing agama menandatangani berita acara sumpah jabatan, Sabam Sirait dan Briggita Lasut kembali ke meja pimpinan sidang.  Sidang dibuka kembali. Ia mengatakan, kita baru saja mengucapkan sumpah/janji Anggota MPR dan Penandatangan Berita Acara Sumpah/Janji Anggota MPR Masa Jabatan 2019-2024. “Kami mengucapkan terima kasih kepada Yang Mulia Ketua Mahkamah Agung serta para rohaniawan atas terlaksananya pengucapan Sumpah/Janji Anggota MPR dengan khidmat”, paparnya.

Baca: 711 Anggota MPR RI Periode 2019-2024 Dibekali Materi 4 Pilar

Selepas itu Brigitta Lasut memandu proses acara penyerahan memori jabatan dari Pimpinan MPR Periode 2014-2019 ke Pimpinan MPR Sementara. Hadir dalam prosesi itu Pimpinan MPR 2014-2019, yakni Ketua MPR Zulkifli Hasan, dan para Wakil Ketua MPR Mahyudin, Ahmad Basarah, Muhaimin Iskandar, Ahmad Muzani, Hidayat Nur Wahid, dan Oesman Sapta. Memori jabatan itu adalah Laporan Pelaksanaan Tugas dan Wewenang serta Kinerja Pimpinan MPR Masa Jabatan 2014-2019.

Kepada pimpinan MPR Periode 2014-2019, Brigitta Lasut menyampaikan ucapan terima kasih dan rasa bangga kepada Pimpinan serta segenap Anggota MPR Masa Jabatan 2014-2019 yang telah berhasil menjalankan tugas-tugas konstitusional dalam rangka membangun masyarakat, bangsa, dan negara. “Dan ke depan tugas-tugas tersebut akan menjadi tanggung jawab kita semua”, ujarnya.

Brigitta Lasut dalam kesempatan itu juga mengucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla, yang telah berkenan hadir dan mengikuti Sidang Paripurna MPR Pengucapan sumpah/janji Anggota MPR. (*)

Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved