Breaking News:
Majelis Perwakilan Rakyt Republik Indonesia

Tren Peningkatan Kepatuhan Jalankan Protokol Kesehatan Harus Dijaga

Kabar baik bila memang terjadi peningkatan kepatuhan menjalankan protokol kesehatan di tengah masyarakat.

Tribunnews/Gani Kurniawan
Calon penumpang kereta api melakukan rapid test antigen di Stasiun Kiaracondong, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (21/12/2020). Mulai 22 Desember 2020 hingga 8 Januari 2021, PT KAI mulai memberlakukan kebijakan rapid test antigen bagi calon penumpang yang akan naik kereta api jarak jauh. Aturan tersebut sesuai dengan Surat Edaran (SE) Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 3 tahun 2020 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Orang Selama Libur Hari Raya Natal dan Menyambut Tahun Baru 2021 di masa pandemi Covid-19. Tribun Jabar/Gani Kurniawan 

TRIBUNNEWS.COM - Klaim peningkatan kepatuhan masyarakat menjalankan protokol kesehatan harus diikuti dengan upaya agar memakai masker, menjaga jaga jarak, mencuci tangan dengan sabun dan menghindari kerumunan menjadi norma baru dalam keseharian masyarakat.

"Kabar baik bila memang terjadi peningkatan kepatuhan menjalankan protokol kesehatan di tengah masyarakat. Yang kita butuhkan saat ini bukan sekadar patuh terhadap aturan, tetapi lebih pada membentuk norma baru dalam keseharian masyarakat," kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Kamis (18/2).

Berdasarkan catatan Satgas Penanganan Covid-19, kepatuhan masyarakat menjalankan protokol kesehatan meningkat mencapai angka 75%, pada pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) skala mikro diterapkan di Jawa dan Bali.

Menurut Lestari, tren peningkatan kepatuhan menjalankan protokol kesehatan harus dijaga, sebagai langkah awal dalam membentuk norma baru dalam menjalani keseharian di masa pandemi.

Konsisten dalam mengajak orang dalam menjalankan protokol kesehatan, menurut dia, salah satu cara untuk menuju terbentuknya norma baru di masyarakat.

Pandemi Covid-19, jelas Rerie, sapaan akrab Lestari, memaksa kita untuk mengubah kebiasaan dan norma yang berlaku saat ini.

Karena, tambah dia, pascavaksinasi Covid-19 diaplikasikan, masyarakat diharuskan tetap menerapkan kebiasaan menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun untuk mencegah paparan virus korona.

Apalagi, jelas anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu, saat ini di sejumlah negara juga dikabarkan berkembang jenis-jenis baru virus korona yang memiliki tingkat penularan lebih tinggi daripada jenis virus korona yang ada saat ini.

Ketegasan penerapan protokol kesehatan di pintu-pintu masuk pergerakan orang di setiap wilayah, tegas Rerie, sangat diperlukan untuk mencegah meluasnya sebaran virus korona.

Menurut Reie, kombinasi percepatan vaksinasi Covid-19 nasional dan peningkatan kepatuhan masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan di keseharian merupakan langkah yang dibutuhkan dalam pengendalian Covid-19 di tanah air saat ini.

Selain itu, tegas Rerie, terus berupaya menyempurnakan teknis pencatatan hasil testing, tracing dan treatment dari berbagai daerah merupakan langkah strategis agar upaya pengendalian penyebaran Covid-19 tidak menghasilkan kebijakan yang salah.

Editor: Content Writer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved