Breaking News:

RUU Keimigrasian yang Disahkan Sangat Fenomenal

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menyambut baik disahkannya RUU Keimigrasian menjadi Undang-undang. Atas keputusan tersebut Warga Negara

zoom-inlihat foto RUU Keimigrasian yang Disahkan Sangat Fenomenal
Tribunnews.com/Herudin
Priyo Budi Santoso
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menyambut baik disahkannya RUU Keimigrasian menjadi Undang-undang. Atas keputusan tersebut Warga Negara Asing dapat mencari nafkah dan tinggal tetap di Indonesia.

"RUU Keimigrasian yang disahkan dewan sangat fenomenal, Alhamdulillah bisa diketok palu," ujar Wakil ketua DPR, Priyo Budi Santoso saat jumpa pers di gedung DPR, Jakarta, Kamis (7/4/2011).

Sebelumnya, kabar gembira bagi anda Warga Negara Indonesia(WNI) yang menikah dengan warga Negara Asing. Dengan disahkannya RUU Keimigrasian oleh DPR izin tinggal terbatas secara tegas bagi WNA anggota keluarga perkawinan campur saat usia perkawinannya mencapai dua tahun dengan masa waktu tidak terbatas dan hanya diminta wajib lapor setiap lima tahun sekali.

RUU Keimigrasian tersebut dimaksudkan untuk memberikan perlindungan bagi WNI dan keluarga serta anak keturunannya. Perlindungan ini adalah tugas negara dan pengakuan Hak Asasi Manusia yang berlaku universal.

Menurut Menkumham, Patrialis Akbar, dengan perkawinan yang sah antara WNI dan WNA, bagi orang asing karena subjek kawin campuran dan berkewarganegaraan ganda, bisa langsung mendapat fasilitas tersebut.

Selanjutnya, usai perkawinan berusia 2 tahun, mereka mendapat izin tinggal tetap hanya dengan menandatangani pernyataan integrasi WNI.  Izin tinggal tetap dapat dibatalkan putus hubungan perkawinan, cerai atau diputus pengadilan.

Izin untuk mencari nafkah di Indonesia juga telah ditetapkan dalam RUU Keimigrasian tersebut.

Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved