Si Seksi Pembobol Citibank

Saksi Ahli Persoalkan 34 Saksi yang Tidak Bisa Dihadirkan

Saksi ahli hukum pidana, Djisman Samosir, yang dihadirkan di persidangan kasus penggelapan dana nasabah Citibank dengan terdakwa

Saksi Ahli Persoalkan 34 Saksi yang Tidak Bisa Dihadirkan
TRIBUNNEWS.COM/HERUDIN
Malinda Dee

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Saksi ahli hukum pidana, Djisman Samosir, yang dihadirkan di persidangan kasus penggelapan dana nasabah Citibank dengan terdakwa Malinda Dee, di Pengadilan Negri Jakarta Selatan, Rabu (01/02/2012), mempermasalahkan 34 Saksi.

Batara Simbolon, salah seorang penasehat hukum Malinda bertanya, apakah dalam sebuah persidangan, saksi yang tidak pernah di periksa oleh penyidik maupun Jaksa, faktanya dapat digunakan dipersidangan, atau digunakan dalam dakwaan Jaksa Penuntut Umum.

"Tentu tidak, itu harusnya batal demi hukum, harusnya saksi dipanggil ke persidangan, akan tetapi jika tidak mau, ya sudah, harusnya batal demi hukum," katanya.

Dalam dakwaan Jaksa, terdakwa Malinda dijerat Pasal 3 UU No. 15 Tahun 2002 sebagaimana diubah dengan UU No. 25 Tahun 2003 sebagaimana diubah dengan UU No. 8 Tahun 2010 tentang Tindak Pidana Pencucian Uang jo pasal 65 ayat (1) KUHP.

Atas dakwaan tersebut, terdakwa Malinda Dee terancam dengan hukuman maksimal 15 tahun penjara, serta denda minimal Rp10 miliar dan paling banyak Rp200 miliar. Jaksa juga menyertakan 34 korban dana dakwaannya, korban yang tidak pernah diperiksa.

Dosen Fakultas Hukum Universitas Parahiyangan, Bandung, Jawa Barat itu sempat memaparkan pengertian saksi, yakni orang yang memberikan keerangan berdasarkan apa yang dia ketahui. Namun bila saksi tidak pernah dimintai keterangan ataupun diperiksa, maka hal tersebut tidak sesuai dengan KUHAP.

"Jika (keterangan) ada di luar BAP tapi ada di pengadilan, itu tidak sesuai dengan KUHAP, tidak sah menurut hukum, jadi itu batal demi hukum," tambahnya.

Dalam BAP Malinda, diperiksa tiga orang saksi korban, yang uangnya diduga sempat disalahgunakan oleh mantan senior relation manager Citibank itu. Sementara 34 saksi lainnya tidak pernah di BAP, maupun dihadirkan di persidangan.

Penulis: Nurmulia Rekso Purnomo
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved