Si Seksi Pembobol Citibank

Malinda Dee Dituntut 13 Tahun Penjara

Terdakwa kasus dugaan penggelapan dana nasabah Citibank, Inong Melinda alias Malinda Dee, dituntut 13 tahun penjara, dengan denda Rp 10 miliar

Malinda Dee Dituntut 13 Tahun Penjara
TRIBUNNEWS.COM/HERUDIN
Tersangka kasus pencucian uang dan kejahatan perbankan, Malinda Dee

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Terdakwa kasus dugaan penggelapan dana nasabah Citibank, Inong Melinda alias Malinda Dee, dituntut 13 tahun penjara, dengan denda Rp 10 miliar subsider 7 bulan penjara.

Ketua Jaksa Penuntut Umum (JPU) Tatang Sutarna, yang didampingi JPU Arya Wicaksana, Helmi, Dede Herdiana, Jul Indra Dhana, dalam persidangan yang berlangsung di Pengadilan Negri Jakarta Selatan, Kamis (16/02/2012), menuntut majelis hakim untuk memutuskan terdakwa bersalah.

"Yang memberatkan, terdakwa telah menikmati uang hasil kejahatanya, terdakwa berbelit-belit dalam memberikan keterangan, dan mempersulit persidangan," katanya.

Tatang juga menuturkan, hal yang meringankan terdakwa adalah Malinda belum pernah dihukum, berlaku sopan dan mempunyai tanggungan keluarga.

Malinda Dee pada 27 Januari 2007-7 Februari 2011 melakukan transfer tidak sah dengan cara memberikan formulir transfer palsu yang ia kuasai, untuk kemudian diberikan kepada “teller” bank Citibank dan selanjutnya dikirim ke rekening individu atau perusahaan.

Untuk tindakan tersebut Malinda Dee dituntut dengan Undang-Undang Perbankan pasal 49 ayat (1) huruf a UU No 7/1992, sebagaimana diubah dengan UU No 10/1998 tentang Perbankan jo pasal 55 ayat (1) ke-1 jo pasal 65 ayat (1) KUHP, subsider pasal 49 ayat (2) huruf b.

Malinda juga dianggap melakukan tindak pencucian uang, dengan mentransfer harta kekayaan yang patut diduga sebagai hasil kejahatan. Atas hal itu, istri sirih Andhika Gumilang itu dianggap melanggar pasal 3 ayat (1) huruf b UU No 15/2002, sebagaimana diubah dengan UU No 25/2003 sebagaimana diubah dengan UU No 8/2010, tentang Tindak Pidana Pencucian Uang jo pasal 65 ayat (1) KUHP.

Selain itu, Malinda juga dianggap melanggar pasal 3 UU No 15/2002 sebagaimana diubah dengan UU No 25/2003 sebagaimana diubah dengan UU No 8/2010 tentang Tindak Pidana Pencucian Uang jo pasal 65 ayat (1) KUHP.

Jaksa juga menuntut sejumlah mobil mewah Malinda, yakni satu unit Ferari Scuderia, satu unit Ferari California, satu unit Mercedes C 1350, satu unit mobil Hummer H3, dan satu Unit Toyota Fortuner, sera satu unit Toyota Fellfire dikembalikan kepada pihak Citibank, setelah Citibank memenuhi segala kewajibannya.

Selain itu, uang sekitar Rp 2,1 miliar yang disita dari sejumlah orang, juga dikembalikan kepada Citibank.

Atas hal tersebut, pengacara terdakwa, Muara karta, dalam persidangan yang dipimpin oleh Ketua Majelis Hakim Gusrizal itu, mengaku akan mengajukan pembelaannya.

"Termasuk pembelaan oleh terdakwa sendiri," katanya.

Penulis: Nurmulia Rekso Purnomo
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved