Si Seksi Pembobol Citibank

Tiga Teller Malinda Dituntut 8 Tahun Penjara

Tiga teller terdakwa kasus pembobolan dana nasabah Citibank bersama Malinda Dee, yakni Dwi Herawati, Betharia Panjaitan, dan Novianty Iriane

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tiga teller terdakwa kasus pembobolan dana nasabah Citibank bersama Malinda Dee, yakni Dwi Herawati, Betharia Panjaitan, dan Novianty Iriane dituntut 8 tahun penjara oleh jaksa penuntut umum pada persidangan yang berbeda, di Pengadilan Jakarta Selatan, Senin (30/04/2012).

kata JPU Dede Suryana saat membacakan tuntutan di ruang sidang VI Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, membacakan tuntutan untuk Dwi Herawati, yang dianggap bersalah melakukan tindak pidana, melanggar Pasal 49 Ayat (1) huruf a UU No 10 Tahun 1998 tentang Perbankan jucto Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHAP jo Pasal 65 ayat (1) KUHAP.

"Menuntut terdakwa membayar denda sebesar Rp10 miliar subsider 6 bulan kurungan penjara," katanya.

Betharia Panjaitan dan Novianty Iriane didakwa ikut terlibat dalam tindak pidana yang dilakukan Malinda Dee, yaitu penggelapan dana nasabah Citigold. Novianty dianggap terlibat dalam memproses formulir transfer sebanyak 43 kali transaksi.

Sementara itu Betharia memproses formulir transfer dalam 19 kali transaksi. Nilai total 62 transaksi yang dilakukan keduanya mencapai Rp 11.813.181.400 plus USD 1.178.728.

Atas perbuatan tersebut, keduanya dituntut JPU dengan Pasal 49 Ayat (1) huruf a Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1998 tentang Perbankan juncto Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP jo Pasal 65 Ayat (1) KUHP sebagai dakwaan primer.

Keduanya juga dianggap melakukan perbuatan yang diancam pidana sebagaimana diatur dalam Pasal 49 Ayat (2) huruf b UU No. 7 Tahun 1992 sebagaimana telah diubah dengan UU No.10 Tahun 1998 tentang Perbankan jo Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP jo Pasal 65 Ayat (1) KUHP sebagai dakwaan subsider.

Sementara itu, diruang sidang I, JPU Dede Herdiana menuntut Betharia Panjaitan dan Novianty Iriane dengan hukuman yang sama dengan terdakwa Dwi herawati.

Dalam tuntutannya, Dede menuntut kedua terdakwa masing 8 tahun penjara potong masa tahanan kota dan denda Rp10 miliar subsider 6 bulan kurungan penjara.

Sementara itu, Malinda Dee, pada 7 Maret lalu divonis oleh Majelis Hakim delapan tahun penjara, dan denda Rp 10 miliar, karena dianggap bersalah melakukan penggelapan dan pencucian dana nasabah Citibank.

Dalam aksinya, Malinnda Dee mengajak tiga teller Citibank, untuk menggelapkan dana nasabah, dan berhasil mengeruk uang hingga Rp 47 Miliar. Selain Malinda, suami sirihnya, Andhika Gumilang, adik Malinda, Visca Lovitasari dan suami Visca, Ismail bin Janim juga ikut dipenjara, karena ikut menikmati uang hasil penggelapan Malinda.

Penulis: Nurmulia Rekso Purnomo
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved