Breaking News:

Imbauan Mendagri

Ketua Pemuda Pancasila: tak Ada yang Boleh Mengecam FPI

Ternyata, tak semua pihak menilai negatif imbauan Mendagri agar pemerintah daerah menggandeng FPI sebagai mitra pembangunan.

zoom-inlihat foto Ketua Pemuda Pancasila: tak Ada yang Boleh Mengecam FPI
TRIBUNNEWS.COM/DANY PERMANA
Ketua Pemuda Pancasila (PP) Japto S Soeryosumarno.

Laporan Wartawan Tribunnews.com Wahyu Aji

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ternyata, tak semua pihak menilai negatif imbauan Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi agar pemerintah daerah menggandeng Front Pembela Islam (FPI) sebagai mitra pembangunan.

Ketua Majelis Pimpinan Pusat Ogranisasi Masyarakat Pemuda Pancisila (PP), Japto Seolistyo Soerjosoemarno, justru mendukung pernyataan Gamawan Fauzi bahwa FPI adalah aset bangsa.

Menurutnya, ormas dapat dimanfatkan untuk bekerja sama dalam berbagai bidang, maka dari itu harus di manfaatkan.

"Semua organisasi massa (ormas) adalah mitra pemerintah, mendukung dan membantu pemerintah dalam kegiatan-kegiatan sosial atau kegiataan lainnya. FPI juga demikian, (menjadi mitra) terutama dalam hal keagamaan," kata Japto, Sabtu (26/10/2013).

Ia menjelaskan, ormas di Indonesia beragam. Ada ormas yang bergerak dalam bidang keolahragaan, maupun politik.

Meski begitu, terus Japto, tujuan seluruh ormas itu sama. "Setiap ormas pasti punya AD/ART, dan dari mukadimah AD/ART bisa dilihat, bagaimana arah idiologi ormas tersebut," tukasnya.

Misal, terus Japto, PP yang selama ini menjalin mitra dengan TNI dan Polri untuk menjaga keutuhan NKRI. PP juga kerap melakukan pelatihan bersama kedua institusi tersebut. "Kemitraan kita sudah terajut sejak lama,"katanya.

Karenanya, Japto meyakini FPI juga ormas yang jelas juntrungannya karena memiliki ideologi dan terdaftar secara hukum.

"Kami adalah mitra mereka juga, karena mereka bergerak sesuai ajaran Islam. Jadi siapa pun tidak boleh mengecamnya", tegasnya.

Penulis: Wahyu Aji
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved