Wadanjen Kopassus Buka Pra Ekspedisi NKRI 2015

Ekspedisi NKRI Koridor Kepulauan Nusa Tenggara akan berlangsung selama 4 bulan, mulai 19 Januari hingga 12 Juni 2015

Wadanjen Kopassus Buka Pra Ekspedisi NKRI 2015
ist

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Wakil Komandan Jenderal Kopassus Brigjen TNI M. Herindra selaku Inspektur Upacara membuka secara resmi Pra Ekspedisi NKRI Koridor Kepulauan Nusa Tenggara 2015, di Pusdikpassus, Batujajar Bandung, Senin (19/1/2015).

Ekspedisi NKRI Koridor Kepulauan Nusa Tenggara akan berlangsung selama 4 bulan, mulai 19 Januari hingga 12 Juni 2015 dengan melibatkan unsur TNI, POLRI, Mahasiswa, LSM, Para Peneliti, Kementerian, Lembaga, Dinas Instansi baik Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah dan masyarakat setempat.

Peserta Ekspedisi NKRI 2015 berjumlah 1.241 orang, mereka akan mendapatkan pembekalan selama dua minggu oleh para tim ahli dan pelatih di Batujajar dan Situlembang.

Selesai menerima pembekalan mereka akan ditempatkan di 8 subkorwil yakni Subkorwil -1 Karangasem, Subkorwil -2 Lombok Timur, Subkorwil- 3 Sumbawa, Subkorwil- 4 Bima, Subkorwil -5 Sumba Barat Daya, Subkorwil -6 Ende, Subkorwil -7 Alor dan Subkorwil -8 Belu.

Danjen Kopassus Mayjen TNI Doni Monardo selaku Komandan Ekspedisi dalam amanatnya mengatakan, kegiatan ekspedisi tahun ini tidak berbeda jauh dengan kegiatan ekspedisi sebelumnya meliputi tiga aspek utama.

"Diantaranya aspek penjelajahan meliputi kegiatan penjelajahan gunung, hutan rawa dan sungai, penjelajahan garis pantai serta penjelajahan perbatasan Indonesia dengan RDTL (Republic Democratic Timor Leste)," kata Mayjend Doni.

Selain itu, aspek penelitian meliputi kegiatan pendataan dan pemetaan di bidang kajian kehutanan geologi potensi bencana, flora fauna serta sosial budaya. Ketiga aspek yang difokuskan pada kegiatan pelestarian alam, peningkatan wawasan kebangsaan dan bela negara, penyuluhan KB dan keluarga prasejahtera, bakti sosial dalam rangka untuk membantu percepatan pembangunan di wilayah.

Danjen Kopassus menambahkan dalam kegiatan pelestarian alam, khususnya kegiatan penghijauan saat ini telah disiapkan tiga puluh ribu bibit pohon cendana di Pulau Alor dan dua puluh ribu benih pohon kelor akan disebar didaerah Ende, Sumba Barat Daya dan Kupang.

Dengan keluarnya Keputusan Presiden Nomor 41 Tahun 2014 tentang Panitia Nasional Penyelenggara Ekspedisi NKRI Koridor Kepulauan Nusa Tenggara Tahun 2015, menunjukkan bahwa dukungan dari komponen bangsa untuk membantu pemerintah dalam upaya mewujudkan sembilan agenda prioritas atau yang kita kenal dengan NAWACITA dapat dilaksanakan.

Ekspedisi NKRI 2015 dengan melibatkan 26 Kementerian/Lembaga dibawah koordinator Menteri Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK)

Tampak hadir Plt.Dirjen Kesbangpol Kemendagri, Asisten Deputi I Kementerian PMK, Dir Bela Negara Ditjen Pothan Kemenhan, Paban-III/Siapsat Sopsad, Paban-IV/Komsos Sterad Asops Dankormar, Asops Dankorpaskhas, Kabag Ops Korbrimob, Ir Kopassus, Asisten Danjen Kopassus, para komandan satuan Kopassus dan tim ahli serta Peneliti Ekspedisi NKRI.

Diketahui, Ekspedisi NKRI Koridor Kepulauan Nusa Tenggara 2015 merupakan kelanjutan dari ekspedisi sebelumnya yaitu Ekspedisi Bukit Barisan Tahun 2011 di Pulau Sumatera, Ekspedisi Khatulistiwa Tahun 2012 di Pulau Kalimantan, Ekspedisi NKRI Tahun 2013 dan Ekspedisi NKRI Koridor Maluku dan Maluku Utara Tahun 2014.

Penulis: Wahyu Aji
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved