Penangkapan Bambang Widjojanto

Pengamat: Presiden Harus Segera Evaluasi Jajarannya

Pengamat dari Populi Center, Nico Harjanto meminta presiden Joko Widodo bersikap tegas untuk menyelesaikan persoalan hukum

Pengamat: Presiden Harus Segera Evaluasi Jajarannya
Imanuel Nicolas Manafe/Tribunnews.com
Jumpa pers Presiden Jokowi terkait Penangkapan Bambang Widjojanto 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengamat dari Populi Center, Nico Harjanto meminta presiden Joko Widodo bersikap tegas untuk menyelesaikan persoalan hukum yang kini terjadi di Indonesia.

Menurutnya, presiden harus mengevaluasi seluruh jajarannya yang berkaitan dengan bidang hukum.

"Presiden harus segera mengevaluasi jajarannya. Kinerja Menkopolhukam, Wakapolri, Kabareskrim serta komisioner KPK harus dievaluasi," kata Nico usai diskusi bertema 'Polri vs KPK 2.0' yang digelar SmartFM di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (24/1/2015).

Nico menuturkan, dengan presiden melakukan evaluasi maka suasana akan menjadi kondusif. Para aparat penegak hukum pun dapat bekerja melayani masyarakat bukan untuk kepentingan pribadi atau kelompok saja.

"Dengan melakukan evaluasi, presiden bisa ambil keputusan. Apakah menunjuk Kapolri baru yang tidak tersangkut masalah hukum atau kebijakan lainnya," tuturnya.

Masih kata Nico, jangan sampai lembaga penegak hukum mengalami degradasi kepercayaan karena permasalahan yang saat ini belum terselesaikan. Menurutnya, saat ini KPK masih memiliki kepercayaan di mata publik.

"Survei internal kami mengatakan, masyarakat masih percaya kepada KPK," ujarnya.

Penulis: Muhammad Zulfikar
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved