Hakim Terima Suap

Gatot Disebut Inisiator Gugatan ke PTUN Soal Kasus Dana Bansos

Bahkan, Gatot yang membujuk Fuad dengan menunjuk OC Kaligis menjadi kuasa hukum untuk mengadvokasi perkara TUN tersebut di PTUN Medan.

Gatot Disebut Inisiator Gugatan ke PTUN Soal Kasus Dana Bansos
Tribunnews/Herudin
Gubernur Sumatera Utara, Gatot Pujo Nugroho (kemeja batik) tiba di Kantor Komisi Pemeriksaan Korupsi (KPK), Jakarta Selatan, Senin (27/7/2015). Gatot dan istrinya, Evy Susanti diperiksa sebagai saksi dalam kasus dugaan suap kepada hakim dan panitera Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Medan. TRIBUNNEWS/HERUDIN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kabiro Keuangan Pemprov Sumatera Utara, Ahmad Fuad Lubis, membeberkan kepada penyidik KPK perihal peran atasannya Gubernur Gatot Pujo Nugroho terkait gugatan penyelidikan kasus dana bansos ke PTUN Medan yang kini berbuntut pada kasus suap kepada majelis hakim perkara tersebut.

Fuad melalui pengacaranya, Zulkifli Nasution menyampaikan bahwa Gatot yang berinisiatif dan berkepentingan untuk menggugat pihak Kejaksaan Tinggi Sumut terkait penyelidikan kasus dana bansos Pemprov Sumut 2011-2013, ke PTUN Medan.

Bahkan, Gatot yang membujuk Fuad dengan menunjuk OC Kaligis menjadi kuasa hukum untuk mengadvokasi perkara TUN tersebut di PTUN Medan.

"Pak Fuad itu sebagai saksi daripada dugaan kasus bansos itu. Nah kasus dugaan bansos itu (arahnya) kepasda Gatot. Jadi, Gatot yang punya kepentingan," kata Zulkifli seusai menemani Fuad diperiksa di kantor KPK, Jakarta, Selasa (28/7/2015).

Sebagaimana pengakuan Fuad, lanjut Zulkifli, Gatot berkepentingan untuk menggungat penyelidikan kasus dana bansos yang tengah ditelusuri oleh Kejati Sumut mengingat arah kasus tersebut mengarah kepadanya.

Bahkan, pengajuan gugatan ke PTUN Medan itu tak terlepas adanya permintaan dari Mustofa dan Zul Jenggot. Fuad mengetahui benar bahwa dua orang itu adalah orang dekat Gatot.

"Sudah pasti gugatan itu inisiatif Gatot," tandasnya.

Zulkifli menjelaskan, dalam pemeriksaan kepada kliennya kali ini, penyidik KPK mencecarnya dengan 30 pertanyaan selama sekitar 9 jam.

Dalam pemeriksaan tersebut, Fuad ditanya oleh penyidik KPK tentang proses pendaftaran dan gugatan TUN terkait penyelidikan dana bansos Pemprov Sumut ke PTUN Medan.

Fuad mengakui atas nama dirinya dilakukan gugatan penyelidikan dana bansos ke PTUN dengan OC Kaligis sebagai pengacara setelah diminta langsung oleh Gatot dalam pertemuan di kantor OC Kaligis. Dalam pertemuan itu, Gatot memperkenalkan OC, Gerry dan istri muda Gatot, Evy Susanti.

Halaman
12
Penulis: Abdul Qodir
Editor: Hasanudin Aco
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved