Aiman: Maju Mundur Nuklir

Pembangkit listrik berbiaya tinggi, namun mampu menjawab peningkatan kebutuhan listrik nasional

Aiman: Maju Mundur Nuklir
beritek.wordpress.com
Ilustrasi pemanfaatan tenaga nuklir untuk pembangkit listrik tenaga nuklir.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah sedang menjajaki pembangunan reaktor nuklir untuk PLTN (Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir).

Pembangkit listrik berbiaya tinggi, namun mampu menjawab peningkatan kebutuhan listrik nasional, yang katanya mencapai 35 ribu Megawatt.

Jurnalis Senior Kompas TV, Aiman Witjaksono akan mengajak Anda masuk ke dalam reaktor nuklir yang dikelola Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) di Serpong.

Reaktor nuklir di Serpong ini merupakan reaktor nuklir ketiga yang dimiliki Indonesia, selain yang di Bandung dan Yogyakarta.

Seperti apa sebenarnya bentuk reaktor nuklir? Standar keselamatan apa saja yang harus dilalui Aiman supaya tidak terkontaminasi radioaktif?

Kepala BATAN, Djarot Wisnubroto, menjelaskan bahwa reaktor nuklir di Indonesia memang dalam skala kecil. Tapi yang pasti, BATAN siap untuk mengelola PLTN.

Tapi, bagaimana dengan pengelolaan limbah radioaktif-nya? Iwan Kurniawan, seorang pakar Fisika Nuklir dengan tegas menolak pemanfaatan nuklir untuk energi di Indonesia.

Ia beralasan bahwa tipikal pekerja Indonesia yang ceroboh dan kurang disiplin, bisa menambah resiko pengelolaan PLTN.

Ia juga menambahkan, bahwa ketiga reaktor nuklir di BATAN sama sekali tidak ada hubungannya dengan PLTN. Apa alasannya?

Kepada Aiman, Menristek dan Dikti, M Nasir menjelaskan bahwa pemerintah mulai menentukan beberapa tempat yang akan menjadi kandidat lokasi pembangunan PLTN.

Dengan risiko sebagai negara cincin api, bagaimana kesiapan Indonesia? Setelah 50 tahun melakukan riset, mampukah BATAN mengelola PLTN? Dan apakah PLTN akan mampu menjadi solusi kebutuhan listrik nasional?

Simak selengkapnya di program AIMAN, malam ini, Senin (19/10) pukul 22.00 WIB di Kompas TV (Nima Sirait/Kompas TV)

Sumber: Kompas TV
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved