Tiga Tank TNI Diresmikan saat HUT Kolinlamil

Kendaraan tempur ini terdiri dari dua Ranpur Tank amfibi Marinir jenis Tank BMP-3F dan Tank LVT 7, dan satu Tank Leopard TNI AD.

TRIBUNNEWS.COM/YURIKE BUDIMAN
Tank Leopard TNI AD, salah satu kendaraan tempur yang melakukan uji coba melalui proses Embarkasi dan Debarkasinya ke KRI Teluk Bintuni-520, Minggu (24/7/2016) di dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Yurike Budiman

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Perayaan HUT ke-55 Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) yang digelar hari ini, Minggu (24/7/2016), menjadi ajang berbagai perlombaan dan peresmian tiga kendaraan tempur TNI.

Bertempat di Dermaga Kolinlamil Tanjung Priok, Jakarta Utara, sebanyak tiga kendaraan Tempur (Ranpur) TNI diujicoba melalui proses Embarkasi dan Debarkasinya ke KRI Teluk Bintuni-520, tepat pukul 09.30 WIB pagi tadi.

Kendaraan tempur ini terdiri dari dua Ranpur Tank amfibi Marinir jenis Tank BMP-3F dan Tank LVT 7, dan satu Tank Leopard TNI AD.

"Terkait ulang tahun Kolinlamil hari ini sekaligus saya rangkum, kolaborasikan dengan peresmian display," kata Panglima Kolinlamil Laksamana Muda TNI Aan Kurnia, saat ditemui Tribunnews.com di Dermaga.

Menurutnya, uji coba ini dilaksanakan untuk menguji kemampuan dermaga Kolinlamil yang telah ditingkatkan kemampuannya, terlebih untuk mengakomodasi Tank Leopard yang memiliki bobot berat sekitar 60 ton ke atas KRI Teluk Bintuni 520.

"Hari ini secara resmi diresmikan oleh bapak Wakasal dan tadi teman-teman juga sudah melihat bagaimana dermaga kita sudah mampu menahan beban dari tank Leopard, termasuk masuk ke kapalnya," tuturnya.

Proses embarkasi dan debarkasi juga dilakukan pada Tank amfibi Marinir jenis Tank BMP-3F dan Tank LVT 7.

Pantauan Tribunnews.com, acara yang terbuka untuk umum ini dimeriahkan dengan panggung hiburan, berbagai lomba yang diikuti oleh SMA se-Jakarta dan juga sekaligus pemberian hadiah kepada para pemenang.

"Sebetulnya ulang tahunnya tanggal 1 Juli hanya kita melaksanakan berbagai macam kegiatan dan lomba, dan hari ini penyerahan hadiahnya," tukasnya.

Berita Populer
Penulis: Yurike Budiman
Editor: Fajar Anjungroso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved