Breaking News:

Perlu Komitmen Pemda dalam Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular

Saat ini di Indonesia, kematian akibat Penyakit Tidak Menular (PTM) meningkat dari 37 persen di tahun 1990 menjadi 57 persen di tahun 2015

TRIBUNNEWS.COM/LENDY RAMADHAN
Menteri Kesehatan RI, Nila F. Moeloek 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan RI, Nila F Moeloek mengatakan,  penyakit tidak menular (PTM) merupakan isu yang sangat penting.

Perlu dukungan kebijakan dari Pemerintah Daerah dalam meningkatkan komitmen Pemda dalam pencegahan dan pengendalian PTM serta faktor risikonya dalam upaya mendorong perubahan perilaku masyarakat untuk hidup sehat.

"Indonesia saat ini tengah menghadapi transisi epidemiologi dalam masalah kesehatan, dimana penyakit menular belum seluruhnya dapat teratasi, sementara tren penyakit tidak menular (PTM) cenderung terus meningkat," kata Menkes di Jakarta, Selasa (9/8/2016).

Nila menyampaikan hal itu saat menyaksikan penandatanganan nota kesepahaman tentang Pencegahan dan Pengandalian Penyakit Tidak Menular (PTM) Mardani H Maming, SH, M.Sos, Bupati Tanah Bumbu, selaku Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) bersama beberapa Bupati lainnya.

"Saat ini di Indonesia, kematian akibat PTM meningkat dari 37 persen di tahun 1990 menjadi 57 persen di tahun 2015," kata Nila.

 Data lain menyebutkan sepuluh kematian utama untuk segala umur berdasarkan sample registrasi sistem (SRS), enam diantaranya adalah PTM.

Stroke di nomor pertama, penyakit jantung koroner di nomor kedua, dan diabetes melitus dengan komplikasi di urutan ketiga. Sementara urutan selanjutnya adalah hipertensi dengan komplikasi (urutan 5), penyakit paru obstruksi kronis (urutan 6) dan kecelakaan lalu lintas (urutan 8).

“Tren ini dapat berlanjut seiring dengan perubahan perilaku hidup yaitu pola makan dengan gizi tidak seimbang, kurang aktifitas fisik, merokok dan lain-lain”, kata Menkes.

Peningkatan prevalensi PTM berdampak pada peningkatan jumlah layanan rawat jalan dan rawat inap, serta berdampak pula dari segi ekonomi yang harus ditanggung negara melalui jaminan kesehatan nasional (JKN).

"Data menunjukkan bahwa tiga di antara lima layanan terbanyak dari JKN, merupakan layanan untuk penyakit tidak menular yaitu stroke, hipertensi, serta hemodialisis untuk penyakit ginjal kronik. Ini menjadikan PTM menjadi beban penyakit utama”, ujar Menkes.

Halaman
12
Penulis: Eko Sutriyanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved