Ibadah Haji 2016

Tujuh Calon Jemaah Haji Asal Indonesia Korban Penipuan Pulang dari Filipina

Tujuh dari sembilan Warga Negara Indonesia (WNI) yang menjadi korban travel ibadah haji di Filipina berhasil dipulangkan ke Indonesia.

Tujuh Calon Jemaah Haji Asal Indonesia Korban Penipuan Pulang dari Filipina
Tribunnews.com/ Wahyu Aji
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi bersama Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo di kantor Panglima TNI, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Minggu (2/10/2016). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Wahyu Aji

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Tujuh dari sembilan Warga Negara Indonesia (WNI) yang menjadi korban travel ibadah haji di Filipina berhasil dipulangkan ke Indonesia.

Mereka yang sudah tiba di Jakarta sejak, Jumat (30/9/2016) kemarin, adalah 7 dari 177 jamaah haji asal Indonesia yang gagal berangkat ke tanah suci.

"7 dari 9 WNI sudah di Jakarta pada Jumat tengah malam menjelang Sabtu dini hari," kata Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi di kantor Panglima TNI, Jakarta Pusat, Minggu (2/10/2016).

Menurutnya, dua WNI lainnya akan segera dipulangkan ke tanah air.

"Dua lainnya menurut rencana akan pulang ke Indonesia Senin pagi," kata Retno.

Namun, Retno tidak menyebutkan nama maupun asal daerah sembilan WNI tersebut.

Seperti diketahui, 168 dari 177 calon jemaah haji korban penipuan yang sempat ditahan pemerintah Filipina, dibawa ke pulang ke Indonesia, Minggu (4/9/2016).

Lebih lanjut Retno menambahkan, untuk sisanya, masih ada 103 jemaah haji WNI yang kembali dari tanah suci melalui Manila.

Hingga kini 103 WNI tersebut masih berada di kedutaan Besar Indonesia di Manila.

"Proses dari 103 WNI ini sedang kita lakukan untuk mendapatkan Order of clearance begitu clearance diberikan otoritas Manila, maka 103 warga negara ini akan segera dipulangkan ke Indonesia," katanya.

Penulis: Wahyu Aji
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved