Breaking News:

Kemensos Luncurkan Program 'Pahlawan Goes To School'

setiap anak harus bisa mempunyai jiwa dan semangat pahlawan dalam membangun bangsa Indonesia

zoom-inlihat foto Kemensos Luncurkan Program 'Pahlawan Goes To School'
Arif Wicaksono/Tribun Jakarta
TMP Kalibata

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Sosial mengajak generasi muda untuk menanamkan jiwa kepahlawanan sejak dini melalui program "Pahlawan Goes To School".

Dirjen Pemberdayaan Sosial Kementrian Sosial Hartono Laras menegaskan setiap anak harus bisa mempunyai jiwa dan semangat pahlawan dalam membangun bangsa Indonesia.

Sebab, tanpa adanya jiwa nasionalisme yang tinggi bukan tidak mungkin bangsa Indonesia akan mudah dipecah belah.

“Kita harus tanamkan jiwa kebangsaan yang kuat dan semangat kepahlawanan kepada anak-anak di Indonesia agar kelak mereka memimpin bangsa ini tidak dengan mudah dipecah belah melalui kemajuan teknologi,” kata Hartono dalam pernyataan persnya saat mengajak 600 siswa SD dan SMP se-Jabodetabek ziarah di TMP Kalibata, Jakarta, Senin(14/11/2016).

Menurut Hartono konteks berperang saat ini tidak lagi mengangkat senjata melawan penjajah. Namun berperang untuk mengatasi berbagai masalah bangsa, seperti kemiskinan, pengangguran, keterlantaran, ketunaan sosial, korban bencana, dan berbagai masalah sosial lainnya.

Semangat dan nilai-nilai kepahlawanan harus bisa diimplementasikan dan didayagunakan untuk hal tersebut.

“Ke depan penyelesaian segara persoalan bangsa tentunya ditangan dan dipundak anak-anak kita, maka kita harus bisa membekali mereka dengan semangat nasionalisme yang tinggi agar bisa kuat dalam menyelesaikan berbagai persoalan diatas,” ujarnya.

Diterangkan, sejarah bangsa dan negara Indonesia mencatat bahwa perjuangan untuk merebut kemerdekaan dan mendirikan NKRI membutuhkan ikatan persatuaan dan kesatuan yang kuat.

Negara kesatuan Republik Indonesia, kata dia, tidak akan bisa berdiri menjadi negara yang merdeka berdaulat dan terhormat seperti saat ini, tanpa perjuangan para pejuang, pendiri bangsa dan pahlawan yang telah mengorbankan jiwa, raga pikiran serta hartanya.

Diharapkan, komitmen para pejuang, pendiri bangsa, serta para pahlawan untuk mempersatukan banga tersebut dapat terus ditindaklanjuti secara nyata.

Makna pahlawan dalam konteks kekinian adalah orang yang konsisten memperjuangkan sesuatu untuk perubahan ke arah yang positif.

"Kerja yata untuk bangsa ini tidak hanya menjadi tugas pemerintah, tapi juga seluruh masyarakat. Jangan sampai pengorbanan para pahlawan menjadi sia-sia karena sikap apatis kita terhadap nasib bangsa ini," imbuhnya.

Hartono menambahkan, jika setiap individu mampu melakukan hal keteladanan, dapat dibayangkan efek yang dapat dihasilkannya.

Berbagai persoalan yang mendera bangsa jauh lebih mudah teratasi karena semua warga negara memiliki integritas yang tinggi.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved