Ini Perubahan Sumber Ketahanan Negara di Abad 21 Menurut Menko Wiranto

Mantan Panglima Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (PANGAB) itu menjelaskan, bahwa paradigma lama yang menyatakan, bahwa kekuatan ketahanan negara

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - "Yang sekarang dominan adalah human capital," begitulah kata Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) RI, Jend. TNI. Wiranto ketika menjelaskan mengenai perubahan sumber ketahanan negara dalam acara coffee morning bersama para petinggi universitas se-jabodetabek, di Kementerian Koordinator Politik Hukum dan Keamanan RI, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (4/5/2017).

Lebih jauh, Mantan Panglima Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (PANGAB) itu menjelaskan, bahwa paradigma lama yang menyatakan, bahwa kekuatan ketahanan negara berasal dari Sumber Daya Alam (SDA) sudah tidak relevan lagi.

Oleh sebab itu menurutnya, bila Indonesia masih memegang prinsip-prinsip yang sudah tidak relevan itu, maka Indonesia akan kalah dalam persaingan global di berbagai bidang, terutama dengan negara-negara tetangga, seperti Singapura dan Malaysia.

Mantan Ketua Umum Partai Hati Nurani Rakyat itu mengimbau kepada para petinggi universitas untuk terus mengembangkan metode mengajarnya, agar para mahasiswa memiliki kemampuan intelektual tinggi.

Sebagaimana diketahui, Menkopolhukam Wiranto menggelar pertemuan dengan para petinggi universitas bertajuk, Coffee Morning untuk Berbagi Pengalaman Dalam Membangun SDM Indonesia.

Menurut Wiranto, universitas atau kampus di Indonesia, merupakan ujung tombak pembangunan SDM Indonesia, karena di sana lah para mahasiswa menimba berbagai ilmu. Oleh sebab itu, menurut Wiranto, sangat perlu berbagi pemikiran dan pengalaman dalam pembangunan SDM.(*)

Penulis: Lendy Ramadhan
Editor: Samuel Febrianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved