Mudik Lebaran 2017

Kemenhub Anggarkan Mudik Gratis 2017 sampai Rp 90 Miliar

Calon penumpang yang diangkut akan menggunakan moda darat, laut, penyeberangan dan kereta api.

Tribunnews/JEPRIMA
Ilustrasi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mempersiapkan anggaran sebesar Rp 90 miliar untuk menyelenggarakan program mudik gratis 2017.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan, anggaran sebesar Rp 90 miliar, yang paling besar dialokasikan kepada transportasi angkutan laut dibandingkan dengan transportasi darat dan kereta api.

"Total Rp 90 miliar (mudik gratis). Anggaran kami naik, karena tahun ini kami tingkatkan kapasitas yang signifikan. Kami juga tambah angkutan mudik gratis melalui laut, kami coba maksimalkan di situ," kata Budi Karya Sumadi di Kemenhub, Jalan Medan Merdeka Barat, nomor 8, Jakarta Pusat, Kamis (18/5/2017).

Transportasi laut menggelontorkan dana sebesar Rp 32 miliar. Sedangkan untuk angkutan darat sebesar Rp 30 miliar ditambah untuk angkutan kereta api sebesar Rp 28 miliar.

Sementara itu, Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan, J.A. Barata mengatakan, alasan terkait anggaran transportasi laut yang paling besar lantaran jumlah penumpang yang ditargetkan juga terbilang besar yakni sebanyak 32 ribu penumpang.

"Untuk transportasi laut kan penumpang jumlahnya lebih besar. Kan, penumpang juga mendapatkan makanan. Itu kan ditanggung semua oleh kapal," kata Barata.

Seperti diketahui untuk mudik gratis lebaran 2017, Kementerian Perhubungan menyediakan sebanyak 208.435‎ penumpang.

Calon penumpang yang diangkut akan menggunakan moda darat, laut, penyeberangan dan kereta api.

Sumber: Warta Kota
  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved