Breaking News:

Lukisan Nyai Roro Kidul Karya Basoeki Abdullah Pikat Pengunjung Galeri Nasional

Basoeki Abdullah dikenal sebagai pelukis aliran realis dan naturalis dan pernah diangkat menjadi pelukis resmi Istana Merdeka Jakarta

Tribunnews.com / Dwi Salfiani
Lukisan Nyai Roro Kidul 

Laporan Wartawan Magang, Dwi Salfiani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pameran lukisan digelar di Galeri Nasional menyambut HUT ke-72 RI. Presiden Joko Widodo membuka pameran secara resmi pada tanggal 1 Agustus 2017.

Pameran menampilkan lukisan karya pelukis Indonesia yang menjadi koleksi Istana Kepresidenan Republik Indonesia. Salah satu lukisan yang ditampilkan merupakan karya pelukis Basoeki Abdulllah.

Basoeki Abdullah dikenal sebagai pelukis aliran realis dan naturalis dan pernah diangkat menjadi pelukis resmi Istana Merdeka Jakarta.

Pameran bertemakan "Senandung Ibu Pertiwi" ini telah menarik beberapa pengunjung yang hadir untuk melihat hasil karya para pelukis Indonesia, salah satunya Basoeki Abdullah dengan karyanya Nyai Roro Kidul.

Lukisan Basoeki Abdullah itu memikat para pengunjung pameran. Sebab, hasil lukisan itu
memiliki makna yang sampai ke benak pengunjung yang melihatnya. Sehingga pengunjung tertarik melihat lukisan Nyai Roro Kidul.

"Saya suka begitu melihat lukisannya seperti terlibat dalam kisah nyi roro kidul tersebut dan cocok sekali jika lukisan ini masuk kedalam kategori mitologi," usar pengunjung pameran Devi.

Sosok Nyai Roro Kidul dalam lukisan terlihat mengenakan pakaian berwarna hijau. Warna hijau dipercaya masyarakat dapat memanggil Nyai Roro Kidul.

"Lukisan ini memberikan artistik yang sangat kuat dari sisi pengambilan warna dan tekstur lukisan yang memberi kesan mistis dalam lukisannya dan dia juga menampilkan background lautan dimana lautan dikenal sebagai tempat Nyai Roro Kidul tinggal," kata pengunjung pameran Erwin.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved