Adhyaksa Dault Tegaskan Pramuka Itu Cinta NKRI dan Jelas Pancasila

Menurutnya kegiatan Pramuka berisi orang-orang pilihan yang setia mengamalkan Pancasila.

Adhyaksa Dault Tegaskan Pramuka Itu Cinta NKRI dan Jelas Pancasila
Rina Ayu/Tribunnews.com
Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault memberikan tanda peserta pada kegiatan Lomba Tingkat Lima (LT-V) Kwarnas Gerakan Pramuka pada (Senin, 23/10) pagi di Lapangan Kempi 2, Bumi Perkemahan Pramuka, Cibubur, Jakarta Timur. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault meminta Pemerintah agar lebih memperhatikan kegiatan Pramuka.

Menurutnya kegiatan Pramuka berisi orang-orang pilihan yang setia mengamalkan Pancasila.

"Pramuka harus diperhatikan Pemerintah Pusat. Pramuka itu garda terdepan yang menjaga Pancasila. Ada yang bilang, saya Pancasila saya Indonesia, jangan ngomong doang, Pramuka sudah lakukan ini itu," ujar Adhyaksa Dault, saat pembukaan Lomba Tingkat Regu Penggalang Lima (LT-V), di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta, Timur.

"Setiap hari saat ada kegiatan Pramuka, selalu dibacakan Pancasila, Pramuka itu jelas Pancasila, diajarkan sejak awal masuk Pramuka," ujar Adhyaksa Dault, Senin (23/10/2017).

Lanjutnya, di Pramuka diajarkan bertanggung jawab bukan hanya untuk dirinya, namun juga lingkungan, dan bangsanya.

"Makanya kami Pramuka Nasionalis dan Religius, itu kami. Bukan orang yang teriak saya Pancasila saya Indonesia tapi tidak melakukan apa-apa untuk bangsanya. Jangan hanya main simbol dan ucapan," tegasnya.

Baca: KPK Blokir Rekening Mantan Ketua DPRD Malang

Untuk itu, ia akan terus memperjuangkan kepentingan kegiatan Pramuka, yang menghasilkan orang berprestasi.

"Saya doakan yang hadir di sini adalah orang-orang pilihan, yang suatu saat jadi bupati, gubernur, menteri, bahkan presiden. Nanti sore saya temui Mensos untuk perjuangan tanah Buperta seluas 210 hektar ini milik Pramuka," kata Adhyaksa dihadapan ratusan peserta.

Adhyaksa Dault membuka secara resmi Lomba Tingkat Lima (LT-V) Kwarnas Gerakan Pramuka pada (Senin, 23/10) pagi di Lapangan Kempi 2, Bumi Perkemahan Pramuka, Cibubur, Jakarta Timur.

Kegiatan yang dikuti oleh 526 peserta dari 34 provinsi berusia 11-15 tahun ini, diharapkan menjadi elemen penting dalam bergotong royong.

"Perkuat persaudaraan dan jaringan di LT-V ini, perbanyak berfikir dan berbuat untuk kepentingan nasional, ketimbang berfikir dan berbuat untuk diri sendiri dan golongan, " kata Adhyaksa.

Sebanyak 34 lomba akan diadakan selama 22-28 Oktober 2017, diantaranya lomba meramu obat, penjelajah rimba, penggunaan media sosial, halang rintang, hingga kreasi seni.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved