Breaking News:

PARA Syndicate: Citra DPR Sangat Buruk di Mata Masyarakat

PARA Syndicate menilai citra Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dimata masyarakat sudah sangat buruk dan tidak ada yang bisa dibanggakan.

youtube
gedung DPR 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Lembaga kajian kebijakan independen, PARA Syndicate menilai citra Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dimata masyarakat sudah sangat buruk dan tidak ada yang bisa dibanggakan.

Pengamat PARA Syndicate, FS Swantoro mengatakan, ‎kasus mega skandal korupsi yang dilakukan Setya Novanto berserta elite partai di DPR harus menjadi pembelajaran bersama, agar ke depan tidak terulang.

"Ini sungguh keterlaluan dan karena itu tidak ada karya DPR termasuk karya partai politik yang dapat dibanggakan masyarakat," tutur Swantoro di Jakarta, Jumat (13/12/2017).

Swantoro menilai, ke depan partai politik semestinya dapat mengontrol sepak terjang para kadernya yang duduk di kursi parlemen dan tidak membela kadernya jika terindikasi terlibat korupsi.

"Tapi yang terlihat sekarang ketidakberdayaan parpol terhadap wakilnya di parlemen, ini karena sebagian dari pengurus parpol menjadi anggota legislatif atau menjabat di pemerintahan," paparnya.

Berdasarkan catatan Litbang Kompas, tidak kurang dari 37 anggota DPR periode 2014-2019 dijerat kasus korupsi dan lebih dari 15 politisi DPR serta DPRD dipenjara karena kasus tersebut.

Sementara dari catatan KPK, hingga 2017 sudah ada 73 anggota DPR dan DPRD ditindak.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved