Akun Facebook Dibajak

Pekan Ini, Bareskrim Akan Panggil Facebook Terkait Bocornya Data Pengguna di Indonesia

Bareskrim Polri berencana meminta klarifikasi pihak Facebook terkait bocornya data sejuta pengguna Facebook di Indonesia, pada pekan ini.

Pekan Ini, Bareskrim Akan Panggil Facebook Terkait Bocornya Data Pengguna di Indonesia
Tribunnews.com

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bareskrim Polri berencana meminta klarifikasi pihak Facebook terkait bocornya data sejuta pengguna Facebook di Indonesia, pada pekan ini.

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Setyo Wasisto mengatakan telah berkoordinasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika soal tersebut.

"Diharapkan minggu ini Bareskrim Polri akan memanggil pihak Facebook di Indonesia," ujar Setyo melalui keterangan tertulis, Senin (9/4/2018).

Baca: Marc Marquez Panen Hujatan dari Netizen Akibat Insiden dengan Valentino Rossi

Nantinya, kata Setyo, kasus ini akan ditangani oleh Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri.

Penyelidikan akan dilakukan berdasarkan informasi yang diperoleh dari Kemenkominfo.

"Dit Siber Bareskrim akan memulai melaksanakan penyelidikan," tukas Setyo.

Sebelumnya, sebanyak satu juta data pengguna Indonesia masuk dalam total 87 juta data pengguna Facebook global yang dipegang Cambridge Analytica.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara telah memanggil perwakilan Facebook Indonesia. Pemanggilan menyusul laporan terbaru Facebook terkait jumlah data pribadi pengguna yang dicuri firma Cambridge Analytica.

Dalam pertemuan tersebut, Menkominfo mengutarakan permintaan kepada Facebook untuk ditindaklanjuti terkait antisipasi kebocoran data pengguna di Indonesia.

"Kami juga minta Facebook sesegera mungkin untuk melakukan shutdown atas aplikasi yang dikerjasamakan dengan pihak ketiga, terutama kuis-kuis personality test yang model Cambridge Analytica. Itu dimatikan dulu di Indonesia," kata Rudiantara.

Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved