Breaking News:

Mudik Lebaran 2018

Jusuf Kalla Lepas Relawan PMI Angkutan Lebaran 2018

Mengenakan rompi berlogo PMI Jusuf Kalla menjadi pemimpin upacara apel siaga lebaran PMI dan Kementerian Perhubungan.

Tribunnews.com/Rina Ayu
Jusuf Kalla pada apel siaga relawan Palang Merah Indonesia untuk menghadapi Angkutan Lebaran 2018 di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (7/6/2018). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) yang juga  Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) melepas ratusan relawan PMI pada Angkutan Lebaran 2018 di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (7/6/2018).

Mengenakan rompi berlogo PMI Jusuf Kalla menjadi pemimpin upacara apel siaga lebaran PMI dan Kementerian Perhubungan.

"Saya ingin menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua kalian atas kesedian untuk menjadi relawan dalam rangka mudik lebaran pada tahun ini," ujar Kalla mengawali sambutannya dihadapan ratusan peserta upacara yang terdiri dari relawan PMI dan siswa siswi Sekolah Tinggi Kementerian Perhubungan.

Dia mengungkapkan pengalaman selama kurun waktu 2 - 3 tahun lalu, jumlah kecelaakan di jalan raya saat mudik lebaran telah mengakibatkan lebih dari 500 orang meninggal dunia.

"Berdasarkan data yang ada kecelakaan selama mudik lebaran di seluruh Indonesia bisa menyebabkan kematian lebih dari 500 orang, dalam pengalaman yang ada di Indonesia," kata Kalla.

Baca: Tahun Ini, Pemudik Diprediksi Mencapai 19,5 Juta Orang

Sehingga, Ia berharap kerja sama yang terjalin antara Palang Merah Indonesia, Kementerian Perhubungan dan juga instansi seperti Dewan Masjid dan juga lembaga kesehatan dapat mewujudkan pelayanan terbaik kepada masyarakat khususnya para pemudik.

"Karena itu lah maka tugas kita di samping untuk memberikan petunjuk perjalanan yang baik, pelayanan kesehatan, pelayanan makan minum di lapangan, dan juga tentu menjaga segala sesuatunya berjalan normal," ujar Ketua Dewan Masjid Indonesia ini.

Di akhir sambutannya Kalla mengungkapkan apresiasinya kepada para petugas dan relawan PMI.

"Karena itu lah maka pelayanan lalu lintas, pelayanan kesehatan, pelayanan makanan, pelayanan istirahat, dan juga petunjuk-petunjuk yang baik. Karena itu lah maka saya ingin menyampaikan sekali lagi tugas anda ialah membahagiakan orang, ialah membahagiakan masyarakat, menghindari kesulitan-kesulitan yang mungkin akan timbul," ungkap JK.

"Selamat bekerja semuanya karena ini amal ibadah, anda bekerja pada saat orang ingin berbahagia, anda bekerja pada saat orang ingin buka puasa anda masih di jalan. Itu lah suatu amal ibadah yang penting," lanjutnya.

Pelepasan diikuti 80 kru ambulans PMI, 120 Relawan PMI, 20 Ambulans dari PMI dan Kementerian Perhubungan serta 200 perwakilan Taruna/Taruni Sekolah Tinggi dilingkup Kementerian Perhubungan.

Ketua Panitia Apel Siaga Lebaran Markas Pusat PMI Farid Husain mengatakan, PMI menyiapkan 586 titik Pos Pertolongan Pertama, 393 ambulans dan 8.422 relawan, termasuk dokter dan paramedis, yang mampu memberikan pertolongan pertama.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Hasanudin Aco
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved