Lebaran 2018

Membandingkan Angka Keberangkatan Penumpang Angkutan Umum H+2 dengan Tahun Lalu

Angka tersebut masih lebih rendah daripada angka keberangkatan pada hari kedua Lebaran tahun lalu, yakni sebesar 10.568.912

Membandingkan Angka Keberangkatan Penumpang Angkutan Umum H+2 dengan Tahun Lalu
TribunJakarta.com/Dionisius Arya Bima Suci
Suasana di Terminal Kampung Rambutan pada H-1 Lebaran 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pada Lebaran hari kedua, total keberangkatan seluruh moda angkutan, seperti tercatat dalam situs siasaati.dephub.go.id pada pukul 18.50, mencapai 9.972.215. 

Angka tersebut masih lebih rendah daripada angka keberangkatan pada hari kedua Lebaran tahun lalu, yakni sebesar 10.568.912.

Baca: Jadwal Siaran Langsung (Live) & Prediksi Argentina vs Islandia TransTV - Kesempatan Terakhir Messi!

Ketua Harian Posko Tingkat Nasional Angkutan Lebaran 2018, Sahattua P Simatupang, mengatakan bahwa angka tersebut masih terus bergerak secara real time.

"Kami belum bisa kasih alasan kalau misalnya ada pertanyaan, kenapa hari kedua tahun ini lebih rendah dari tahun lalu, atau sebabnya apa atau yang lain," ujarnya di kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta Pusat, Sabtu (16/6/2018).

Sahattua menambahkan, angka tersebut untuk hari ini hanya sebagai pembanding secara kuantitas dengan angka pada tahun lalu.

Dia mencontohkan bagaimana di tempat-tempat seperti terminal atau stasiun, jumlah penumpang yang berangkat pada setiap harinya pun tentu alami pergerakan, baik itu meningkat atau menurun.

"Kalau sebabnya kenapa, itu akan dianalisis lebih dalam nanti, mungkin bisa saat penutupan posko," ujarnya. "Intinya untuk saat ini, kami belum bisa kasih penjelasan secara kualitatif."

Dari sana, ujar Sahattua, hasil analisis akan dilaporkan ke Menteri. Jika memang ada evaluasi untuk Lebaran tahun depan terkait angka-angka pembanding tersebut, maka akan dilakukan evaluasi.

Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved