Gempa di Sulteng

Pendistribusian Logistik Jadi Fokus Utama di Sulteng, Ini Mekanismenya

Salah satu fokus yang menjadi prioritas BNPB dan banyak lembaga saat ini adalah pendistribusian logistik pangan untuk para pengungsi.

Pendistribusian Logistik Jadi Fokus Utama di Sulteng, Ini Mekanismenya
Fitri Wulandari/Tribunnews.com
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho saat ditemui di Graha BNPB, Jakarta Pusat, Selasa (2/10/2018). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terus bersinergi dengan banyak lembaga pemerintahan maupun Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) terkait prioritas penanganan darurat memasuki hari kelima pasca gempa dan tsunami melanda Sulawesi Tengah.

Salah satu fokus yang menjadi prioritas BNPB dan banyak lembaga saat ini adalah pendistribusian logistik pangan untuk para pengungsi.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan bantuan logistik kini sudah mulai memasuki kawasan terdampak gempa.

Baca: Wapres JK: Pemerintah Masih Sanggup Tangani Bencana Gempa dan Tsunami Sulawesi Tengah

Pendistribusian logistik tersebut menggunakan pesawat Hercules milik TNI Angkatan Udara (AU) dan melewati perjalanan darat.

"Bantuan logistik mulai berdatangan yang diangkut dengan menggunakan pesawat Hercules TNI AU dan jalur darat," ujar Sutopo, dalam konferensi pers yang digelar di Graha BNPB, Jakarta Timur, Selasa (2/10/2018).

Pengiriman logistik itu juga dilakukan menggunakan pesawat cargo dengan tujuan kota Makassar.

Baca : Bandingkan Era SBY dan Jokowi Saat Gempa dan Tsunami, Fahri Hamzah Desak Jusuf Kalla Ambil Kendali

Setelah tiba di Makassar, pasokan logistik dibawa ke kota Palu melalui jalur laut dengan menggunakan kapal.

"Bantuan mulai berdatangan dikirim dengan pesawat cargo ke Makassar, kemudian dilanjutkan melalui kapal menuju Palu," jelas Sutopo.

Untuk bantuan logistik yang ada di gudang Bandara Palu juga sudah mulai didistribusikan kepada para pengungsi di wilayah-wilayah terdampak gempa.

Sedangkan bantuan logistik yang melewati jalur darat, akan mendapatkan pengawalan dari Polri, karena rutenya akan melintasi Pasangkayu, Sulawesi Barat.

Baca : Viral Video Mesum Mahasiswa UIN Bandung: Reaksi Kampus Hingga Pelaku Diburu

Halaman
12
Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Hasanudin Aco
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved