Breaking News:

Ekonom: Transformasi Struktural, Arah Kebijakan Pembangunan Jokowi

Kebijakan dan program pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang merupakan implementasi dari Nawacita sebagai arah kebijakan, telah menciptakan t

dok. KEIN
Wakil Ketua KEIN, Arif Budimanta memberikan keterangan terkait perubahan struktural arah kebijakan pembangunan ke depan 

Kebijakan dan program pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang merupakan implementasi dari Nawacita sebagai arah kebijakan, telah menciptakan transformasi struktural dan akan terus diusung sebagai arah kebijakan pembangunan ke depan.

Ekonom yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Komite Ekonomi dan Industri Nasional, Arif Budimanta mengatakan perubahan struktural tersebut utamanya terjadi karena pemerintah mendorong masyarakat menengah ke bawah menjadi lebih berdaya.

“Dengan semangat tersebut transformasi struktural menjadi fokus pemerintahan ke depan. Jika kebijakan ini terus berlangsung akan menciptakan dan mengukuhkan kemandirian ekonomi,” ujarnya dalam Focus Group Discussion dengan tema Arah Kebijakan Pembangunan ke Depan bersama para akademisi di Jawa Timur, Rabu (21/11).

Arif melanjutkan, program-program itu telah memberikan dampak bagi perekonomian Indonesia tercermin dari berbagai capaian yang telah diraih selama tiga tahun kepemimpinan Jokowi-JK. Pertama ialah kian menurunnya tingkat kemiskinan. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) tingkat kemiskinan Indonesia pada Maret 2018 berada di posisi 9,82% dan merupakan angka terendah sepanjang sejarah. Posisi tersebut turun 1,24 poin dari posisi September 2017 yakni sebesar 10,12%.

“Usaha untuk melepaskan kemiskinan untuk seluruh rakyat Indonesia menunjukkan hasil yang positif. Penurunan kesenjangan pendapatan pun akan mendekatkan pada kehidupan yang berkeadilan,” tuturnya.

Kemudian ialah penurunan tingkat pengangguran yang mampu berkurang hingga 5,13% pada Februari 2019. Berdasarkan data BPS, angka tersebut merupakan angka terendah sejak 1999.

“Jadi  kalau dikatakan lapangan kerja tidak ada, ini tidak betul. Tingkat pengangguran yang terus menurun mencerminkan pertumbuhan penyediaan lapangan pekerjaan lebih tinggi dibandingkan dengan pertumbuhan angkatan kerja,” ucap Arif.

Beberapa kebijakan dan keberhasilan yang telah dilakukan Jokowi dalam masa pemerintahan ini setidaknya ada 18. Seluruh keberhasilan tersebut berorientasi pada keadilan sosial sehingga mewujudkan kesejahteraan untuk seluruh rakyat Indonesia.

Dia menjelaskan program yang berdasar pada keadilan sosial tersebut memiliki dua orientasi yakni baik terhadap akses dan juga aset di seluruh aspek kehidupan.

Pertama ialah program Jaminan Kesehatan Nasional dengan jumlah kepesertaan telah mencapai 182 juta jiwa per 2017, seperti diungkap data Kementerian Kesehatan. Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) ini memberikan akses kesehatan terhadap seluruh lapisan masyarakat.

Halaman
12
Editor: Content Writer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved