Bambang Wiyogo: Pancasila Pemersatu Bangsa

Dengan pancasila, bangsa Indonesia mempunyai petunjuk atau cara untuk menyelesaikan persoalan budaya, sosial, ekonomi, dan politik.

Bambang Wiyogo: Pancasila Pemersatu Bangsa
Ist/Tribunnews.com
Anggota DPR Bambang Atmanto Wiyogo saat Sosialisasi Optimalisasi 2 di Kelurahan Jatinegara Jakarta Timur. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota DPR Bambang Atmanto Wiyogo mengingatkan bahwa bangsa Indonesia merupakan bangsa yang besar dan luas dengan memiliki ratusan adat istiadat, mempunyai ratusan bahasa dan sebagainya yang disatukan dengan pancasila.

Namun dengan pancasila kita bisa bersatu.

"Mungkin kata yang lebih sederhananya adalah dengan pancasila Indonesia bisa bersatu dan Pancasila jadi pemersatu bangsa pemersatu bangsa," katanya saat Sosialisasi Optimalisasi 2 di Kelurahan Jatinegara Jakarta Timur akhir pekan lalu.

Acara inidihadiri oleh anggota DPRD DKI Jakarta Judistira hermawan, Ketua RW, Tokoh masyarakat, LMK, Ketua RT, ibu PKK, ibu-ibu Jumantik, dan warga setempat, beberapa saat lalu.

Baca: Narasi yang Dibangun Pemuda Pancasila Lebih Segar dan Asyik

Disampaikannya bahwa Pancasila memiliki kedudukan pokok sebagai dasar filsafat atau ideologi negara yang diakui dan dilaksanakan di Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Pancasila memuat gagasan, norma, dan pedoman pokok tentang penyelenggaran bernegara yang paling ideal untuk mencapai tujuan kemerdekaan Indonesia," kata anggota MPR dari Fraksi Partai Golkar ini.

Lebih jauh, dia menyampaikan bahwa beberapa fungsi Pancasila bagi bangsa Indonesia yakni
bisa dijadikan petunjuk untuk menyelesaikan berbagai persoalan atau permasalahan yang ada di masyarakat.

Dengan pancasila, bangsa Indonesia mempunyai petunjuk atau cara untuk menyelesaikan persoalan budaya, sosial, ekonomi, dan politik.

"Bangsa Indonesia bisa membangun dirinya sesuai dengan kepribadian yang berkarakter atau ciri khas dari bangsa Indonesia. Konsep dasar dari cita-cita bangsa Indonesia sudah terkandung di dalamnya diantaranya adalah keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia," tegasnya.

Editor: Hasanudin Aco
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved