Pemilu 2019

Pidato Ketua DPR pada Pembukan Masa Persidangan V: Pemilu Usai Mari Kita Berdamai

Rapat tersebut digelar di Ruang Paripurna, Gedung Nusantara II DPR RI, Senayan, Jakarta. Saat dimulai sekira pukul 11.00 WIB dan dibuka

Pidato Ketua DPR pada Pembukan Masa Persidangan V: Pemilu Usai Mari Kita Berdamai
Jaka/jk
Ketua DPR RI Bambang Soesatyo. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA- DPR RI menggelar rapat paripurna Pembukaan Masa Persidangan V tahun sidang 2018-2019, Rabu (8/5/2019). Baca: Pengacara Rommy Bawa Bukti Penyadapan KPK Tanpa Surat Perintah

Rapat tersebut digelar di Ruang Paripurna, Gedung Nusantara II DPR RI, Senayan, Jakarta. Saat dimulai sekira pukul 11.00 WIB dan dibuka oleh Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon. 

Baca: DPR: Kementerian Kesehatan Harus Telusuri Sebab Kematian Massal Ratusan Petugas Pemilu

Sementara Ketua DPR Bambang Soesatyo dalam pidatonya meminta kepada seluruh anggota dewan untuk berdamai. Berikut pidato lengkap Ketua DPR yang kerap disapa Bamsoet ini.

PEMILU TELAH SELESAI, MARI KITA BERDAMAI

PIDATO KETUA DPR RI
PADA RAPAT PARIPURNA DPR RI
PEMBUKAAN MASA PERSIDANGAN V
TAHUN SIDANG 2018–2019

RABU, 8 MEI 2019

Assalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh,
Salam Sejahtera bagi kita semua,

Yang kami hormati:
− Para Wakil Ketua DPR;
− Para Anggota DPR;
− Hadirin yang berbahagia.

Alhamdulillah, puji syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, yang telah memberikan nikmat dan karunia-Nya sehingga pada hari ini kita dapat kembali hadir dalam Rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan V Tahun Sidang 2018–2019.
Sebelum melanjutkan pidato pembukaan ini perkenankan saya menyampaikan dua buah bait pantun :

Anak desa hendak pergi ke kota,
Mengadu nasib mencari nafkah.
Selamat datang wahai para anggota,
Ayo kita kerja melanjutkan amanah.

Putera mahkota si anak Raja,
Di ajar memimpin dengan bijaksana.
Bulan puasa bulan yang sangat mulia,
Mari kita tingkatkan iman dan takwa.

Sidang Dewan yang saya hormati, hadirin yang saya muliakan,

Sebagai awal pidato pembukaan ini, atas nama Pimpinan DPR, saya mengucapkan Selamat Datang kepada seluruh Anggota DPR, baik yang telah selesai berjuang maupun yang masih berjuang menjaga suara di daerah pemilihan masing-masing. Saya salut, di tengah kesibukan melaksanakan kampanye Pemilu para anggota Dewan tetap bekerja secara professional untuk menyerap aspirasi masyarakat guna diperjuangkan pada masa persidangan berikutnya.

Kepada para anggota Dewan yang terpilih kembali, saya mengucapkan Selamat. Sedangkan bagi anggota yang tidak dapat melanjutkan masa pengabdiannya, saya harap tetap semangat untuk bekerja sampai periode ini berakhir. Kegagalan itu hanyalah keberhasilan yang tertunda. Insya Allah di Pemilu 2024 bisa melenggang kembali ke Senayan. Dengan masuknya wajah-wajah baru dalam DPR mendatang, diharapkan akan membawa kemajuan bagi peningkatan kinerja dan citra Dewan.

Selanjutnya, selaku Pimpinan Dewan izinkan saya menyampaikan Selamat Menjalankan Ibadah Puasa 1440 H kepada Ummat Islam di seluruh tanah air. Mari kita jadikan puasa sebagai lahan ibadah untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa. Sekaligus momentum untuk meningkatkan solidaritas sosial sesuai dengan hikmah yang terkandung dalam puasa.
Meningkatkan solidaritas sosial diantara sesama anak bangsa adalah sangat relevan ditengah kondisi masyarakat yang terbelah sebagai akibat dari persaingan dalam Pilpres baru-baru ini. Sudah saatnya kita merajut kembali persatuan dan kebersamaan sebagai bangsa. Mari kita bangun silaturrahmi kebangsaan untuk memperkokoh keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. “Pemilu Telah Selesai, Mari Kita Berdamai.”

Sidang Dewan yang terhormat, hadirin yang saya muliakan,

Pesta demokrasi, Pemilu 2019 yang dilaksanakan pada tanggal 17 April telah berlangsung dengan sukses, aman dan damai. Partisipasi masyarakat yang datang ke TPS juga meningkat, lebih dari 85 %. Dunia mencatat untuk kesekian kalinya Indonesia suskes melaksanakan pemilu secara damai. Sehingga Indonesia masuk dalam barisan negara-negara yang matang dalam berdemokrasi.

Halaman
1234
Penulis: chaerul umam
Editor: Rachmat Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved