Mudik Lebaran 2019

Sejumlah Ruas Jalan Tol Tangerang-Merak Diperbaiki, Kakorlantas Targetkan H-8 Lebaran Selesai

Refdi mengatakan pihaknya menargetkan pekerjaan itu akan selesai pada H-8 Lebaran atau tanggal 28 Mei 2019.

Sejumlah Ruas Jalan Tol Tangerang-Merak Diperbaiki, Kakorlantas Targetkan H-8 Lebaran Selesai
Vincentius Jyestha/Tribunnews.com
Kakorlantas Polri Irjen Pol Refdi Andri 

TRIBUNNEWS.COM, CILEGON - Sejumlah ruas jalan di Tol Tangerang-Merak diketahui tengah diperbaiki sebagai persiapan jalan bagi para pemudik di Lebaran 2019.

Kakorlantas Polri Irjen Pol Refdi Andri menyaksikan sendiri perbaikan jalan tersebut saat meninjau jalur mudik ke arah Pelabuhan Merak, Banten, Jumat (10/5).

Refdi mengatakan pihaknya menargetkan pekerjaan itu akan selesai pada H-8 Lebaran atau tanggal 28 Mei 2019.

Target itu dicanangkan agar para pemudik yang menuju Pelabuhan Merak tak terjebak kemacetan akibat perbaikan jalan.

"Pada H-8 Lebaran (target perbaikan jalan selesai, - red) agar ruas tol bisa digunakan," ujar Refdi, di Pelabuhan Merak, Banten, Jumat (10/5/2019).

Adapun perbaikan jalan Tol Tangerang-Merak itu ditemui di beberapa titik di kawasan Balaraja-Cikande. Tepatnya antara KM 39 hingga KM 53.

Baca: Sambangi Pelabuhan Merak, Kakorlantas Polri Tinjau Jalur Mudik Sumatera

Demi mengantisipasi kemacetan yang panjang di Gerbang Tol Merak, Refdi mengaku pihaknya menyiapkan beberapa pola pengaturan.

Salah satunya adalah sistem one way akan diberlakukan di Jalan Tol Tangerang-Merak apabila kondisi kemacetan mencapai Km 93 atau Gerbang Tol Cilegon Barat. Namun, sistem ini akan diberlakukan situasional atau tergantung kondisi di lapangan.

Hal ini juga dibenarkan oleh Dirlantas Polda Banten Kombes Pol Wibowo yang menyebut akan ada pengalihan kendaraan ke luar Cilegon Barat dan Cilegon Timur apabila lalu lintas di Cikuasa Atas mulai padat. Kendaraan dari jalan tol pun akan dialihkan oleh kepolisian untuk masuk ke jalur arteri.

"Untuk GT (Gerbang Tol) Merak, Cikuasa atas digunakan dua arah balik menuju/dari Merak, tapi pada saat puncak mudik kami akan simulasikan apabila gerbang tol ini terjadi peningkatan volume kendaraan ke pelabuhan," ujar Wibowo, kepada Refdi dalam pemaparan.

Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved