Pemilu 2019

Sekjen Demokrat Pastikan Kadernya Tak Akan Ikut Dalam Aksi 22 Mei

Menurut Hinca Panjaitan, Partai Demokrat akan menggunakan jalur konstitusional dalam menyikapi dugaan kecurangan pemilu 2019

Sekjen Demokrat Pastikan Kadernya Tak Akan Ikut Dalam Aksi 22 Mei
Tribunnews/JEPRIMA
Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Demokrat (PD) Hinca Panjaitan memberikan keterangan kepada wartawan terkait surat Ketua Umum PD Susilo Bambang Yudhoyono yang mengkritik konsep kampanye akbar Capres-Cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta Pusat, Senin (8/4/2019). Partai Demokrat menegaskan masih solid mendukung Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno dalam Pilpres 2019. (Tribunnews/Jeprima) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Hinca Panjaitan memastikan tidak ada kader partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan turun ke jalanan dalam aksi Rabu (22/5/2019) besok.

"Demokrat tidak ikut aksi yang di jalanan," ujar Hinca Panjaitan kepada Tribunnews.com, Selasa (21/5/2019).

Menurut Hinca Panjaitan, Partai Demokrat akan menggunakan jalur konstitusional dalam menyikapi dugaan kecurangan pemilu 2019. Diantaranya akan ikut melaporkan dugaan kecurangan tersebut ke Mahkamah Konstitusi (MK).

"Demokrat akan ikut yang jalur konstitusional yakni ke MK. Ya itulah DNA Partai Demokrat," tegas anggota DPR RI ini.

Pesan Prabowo Bagi Peserta Aksi 22 Mei

Prabowo meminta agar aksi unjuk rasa para pendukungnya dalam menyikapi penetapan hasil rekapitulasi suara Pilpres 2019 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) dilakukan secara damai.

Prabowo mengatakan, aksi atau kegiatan apa pun yang akan dilakukan pendukungnya harus sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.

Baca: Istri Eggi Sudjana Curhat ke Fadli Zon Kondisi Kesehatan hingga Kesulitan Jenguk Suami

"Bahwa rakyat dapat berkumpul dan bahwa rakyat dapat berserikat dan rakyat dapat menyampaikan aspirasi tentunya semua dalam ketentuan hukum yang berlaku," ujar Prabowo seperti dikutip dari video, Selasa (21/5/2019).

"Karena itu saudara-saudara sekalian, sahabat-sahabatku, apa pun tindakan dan aksi dan kegiatan yang saudara-saudara ingin lakukan besok, kalau saudara-saudara sungguh-sungguh mau mendengarkan saya, saya terus mengimbau agar semua aksi, semua kegiatan berjalan dengan semangat perdamaian," kata Prabowo.

Prabowo menegaskan, langkah-langkah yang akan dilakukan pihaknya merupakan upaya yang konstitusional, demokratis, dan tanpa kekerasan dalam menyikapi hasil Pilpres 2019.

Halaman
12
Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved