Aksi Cepat Tanggap

Bingkisan Lebaran untuk Keluarga Palestina dan Suriah dari ACT

Demi menebar kebahagiaan Idulfitri, Aksi Cepat Tanggap (ACT) berikhtiar untuk kembali menyapa keluarga Palestina dan Suriah.

Bingkisan Lebaran untuk Keluarga Palestina dan Suriah dari ACT
dok. ACT
Demi menebar kebahagiaan Idulfitri, Aksi Cepat Tanggap (ACT) berikhtiar untuk kembali menyapa keluarga Palestina dan Suriah, membawa bingkisan Lebaran untuk mereka. 

Setelah menjalankan Ramadan selama sebulan, merayakan Hari Raya Idulfitri atau Lebaran menjadi momen yang paling dinantikan umat muslim sedunia.

Di Indonesia, Lebaran identik dengan silaturahmi yang dilengkapi dengan saling memberi bingkisan, sebagai hadiah di hari yang fitri. Namun, berbeda bagi keluarga di Palestina dan Suriah.

Sudah berlangsung menahun, mereka merayakan Lebaran seperti biasa di tenda pengungsian dengan segala keterbatasan akibat konflik dan krisis yang menaimpa tanah air mereka

Dalam tradisi berlebaran, mendapat bingkisan saat Lebaran menjadi kebahagiaan tersendiri bagi umat Muslim, tetapi kesempatan itu tidak selalu menghampiri keluarga di Palestina dan Suriah. Banyak di antara mereka yang tidak bisa membeli makanan untuk disajikan saat Lebaran, apalagi untuk membeli bingkisan untuk mereka berikan maupun untuk dirinya sendiri.

Demi menebar kebahagiaan Idulfitri, Aksi Cepat Tanggap (ACT) berikhtiar untuk kembali menyapa keluarga Palestina dan Suriah, membawa bingkisan Lebaran untuk mereka.

Direktur Global Humanity Response (GHR) - ACT Bambang Triyono mengatakan, rencananya bingkisan Lebaran akan menyasar ribuan keluarga Palestina dan Suriah.

“Total calon penerima manfaat di Palestina dan Suriah yang menerima hadiah Lebaran ada lebih dari 1.800 keluarga. Jumlah tersebut belum termasuk jumlah jiwanya,” ungkap Bambang.

Membuka kembali ingatan Hari Raya Idulfitri 1439 Hijriyah, biasanya bingkisan Lebaran yang diberikan berupa pakaian baru untuk anak yatim-piatu, juga santunan uang tunai dan bantuan yang ditujukan kepada keluarga prasejahtera di Palestina dan Suriah. Begitupun dengan Lebaran kali ini, kata Bambang, bingkisan juga dalam bentuk serupa.

Untuk Suriah, ACT mempersiapkanbantuan pangan yang menyasar lebih dari 300 keluarga prasejahtera dalam Suriah, terutama yang tinggal di tenda pengungsian.

Ada bingkisan berupa pakaian baru untuk 300 anak Suriah yang mengungsi di Turki. Juga bantuan pangan untuk 233 keluarga Suriah yang mengungsi di Lebanon.

Halaman
12
Editor: Content Writer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved