Mudik Lebaran 2019

Arus Mudik dan Arus Balik Lancar, Satu di Antaranya karena Hal Ini

Banyak pihak mengakui, bahwa arus mudik dan arus balik Lebaran 2019 jauh lebih baik dan lancar dibandingkan sebelumnya.

Arus Mudik dan Arus Balik Lancar, Satu di Antaranya karena Hal Ini
Pertamina
Ilustrasi SPBU 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Banyak pihak mengakui, bahwa arus mudik dan arus balik Lebaran 2019 jauh lebih baik dan lancar dibandingkan sebelumnya.

Salah satu penyebab, karena lancarnya pasokan bahan bakar minyak (BBM) Pertamina, yang didukung pelayanan yang baik pula.

Humas Grand Livina Club Indonesia (Gravinci) Fauzul juga mengakui peran Pertamina. Dan secara umum dia mengatakan bahwa pelayanan yang diberikan BUMN tersebut selama arus mudik dan arus balik sangat baik.

“Sangat memuaskan. Apalagi dengan penerapan pembayaran melalui aplikasi LinkAja,” kata Fauzul di Jakarta hari ini.

Baca: Pemuda yang Dibakar Pakai Bensin di Bekasi Sempat Dirawat di RS Sebelum Akhirnya Meninggal

Baca: Catatan Tragis Vanuatu Sepekan Sebelum Dijamu Timnas Indonesia

Baca: 162.560 Pemudik Telah Kembali ke Jakarta Melalui Stasiun Pasar Senen

Fauzul mencontohkan layanan Pertamina dari Jakarta via ruas tol Cipali sampai tol Probolinggo Timur (Leces) ataupun sebaliknya.

Berdasarkan pengamatannya, sepanjang jalur tersebut para petugas Pertamina sangat sigap dan ramah melayani pemudik. Pasokan BBM pun lancar sehingga memperlancar pula perjalanan.

Tak hanya pasokan dan layanan BBM. Fauzul menambahkan, keberadaan Rumah Pertamina Siaga di sejumlah ruas tol trans Jawa sangat membantu bagi para pengendara. Tidak hanya saat mudik namun juga ketika masyarakat kembali dari kampung halaman.

"Selain mengisi kebutuhan bahan bakar, fasilitas ini bisa digunakan bagi para pengemudi dan anggota keluarganya untuk beristirahat," kata dia.

Peneliti Laboratorium Transportasi Unika Soegijapranata, Djoko Setijowarno, juga mengapresiasi layanan Pertamina selama selama arus mudik dan arus balik.

Dia mengatakan, keberadaan tempat istirahat dan pelayanan (TIP) di sejumlah ruas jalan tol memang seharusnya dilengkapi dengan berbagai fasilitas umum bagi pengguna jalan tol, seperti diberikan Pertamina. Dengan adanya fasilitas tersebut, baik bagi pengemudi, penumpang, maupun kendaraan dapat beristirahat untuk sementara.

Halaman
12
Penulis: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved