Kasus Suap di Kementerian Agama

Jaksa KPK Panggil Ulang Menteri Agama dan Gubernur Jawa Timur untuk Bersaksi di Pengadilan

Jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil ulang Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Jaksa KPK Panggil Ulang Menteri Agama dan Gubernur Jawa Timur untuk Bersaksi di Pengadilan
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ilham Rian Pratama

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil ulang Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Keduanya dijadwalkan bakal bersaksi dalam sidang kasus dugaan korupsi suap jual beli jabatan di lingkungan Kementerian Agama dengan terdakwa Haris Hasanuddin dan Muafaq Wirahadi di Pengadilan Tipikor Jakarta.

Diketahui, pada pemanggilan pertama pekan lalu, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dan Gubernur Khofifah tidak hadir.

Baca: Tukang Pijit Sarwendah Justru Tak Mau Keluar Rumah Meskipun Sudah Jauh-jauh ke Singapura

Baca: Pria Ini Harus Kehilangan Calon Istrinya yang Mendadak Dihantam Crane, 3 Bulan Sebelum Menikah

Baca: Kalap Makan Saat Liburan di Turki Sebabkan Berat Badan Rizky Nazar Naik 3 Kg

"Karena di persidangan sebelumnya Menag dan Gubernur Jatim tidak datang. Besok (Rabu 26/6) dijadwalkan ulang pemeriksaan dua saksi tersebut," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Gedung Merah Putih KPK, Setiabudi, Jakarta Selatan, Selasa (25/6/2019).

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin meninggalkan gedung KPK usai menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Kamis (23/5/2019). KPK memeriksa Lukman Hakim Saifuddin sebagai saksi terkait kasus penyelenggaraan ibadah haji yang dalam proses penyelidikan oleh KPK. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin meninggalkan gedung KPK usai menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Kamis (23/5/2019). KPK memeriksa Lukman Hakim Saifuddin sebagai saksi terkait kasus penyelenggaraan ibadah haji yang dalam proses penyelidikan oleh KPK. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

Selain Lukman dan Khofifah, lanjut Febri, Jaksa KPK juga akan memanggil mantan Ketua Umum PPP Romahurmuziy alias Romy, serta seorang ulama berpengaruh di Jawa Timur, KH Asep Saifuddin Chalim sebagai saksi untuk Haris dan Muafaq.

"Romahurmuziy, Asep Saifuddin Chalim, serta panitia seleksi di Kemenag juga akan dipanggil tim jaksa besok," ujar Febri.

Kendati begitu, Febri mengaku sampai saat ini belum ada konfirmasi dari masing-masing pihak yang dipanggil itu akan hadiri panggilan apa tidak besok. Padahal mereka sudah dikirim surat panggilan secara patut.

Baca: Jelang Putusan MK, Demokrat Intens Komunikasi dengan Kubu Jokowi, TKN Anggap Kubu 02 Sisa 2 Partai

Baca: Kapolri: KPK Perlu Gandeng Institusi Lain untuk Memberantas Korupsi

"Semestinya semua warga negara Indonesia, apalagi pejabat negara itu menghormati proses persidangan, serta memprioritaskan proses persidangan ini karena kewajiban hukum," kata Febri.

Pada perkara ini, tim KPK sudah pernah melakukan pemeriksaan terhadap Menag Lukman dan Khofifah Indar Parawansa pada tahap penyidikan. Namun pemeriksaan Khofifah dilakukan di Polda Jawa Timur.

Halaman
123
Penulis: Ilham Rian Pratama
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved