Polisi: Pertemuan Jokowi dan Prabowo dinilai Cerminan Budaya Indonesia

“Kita senang dan bahagia, karena kedua tokoh nasional ini akhirnya bertemu. Beliau-beliau bertemu dalam suasana gembira," kata Irjen Pol Ike Edwin.

Polisi: Pertemuan Jokowi dan Prabowo dinilai Cerminan Budaya Indonesia
Tribunnews.com/Jeprima
Presiden Joko Widodo saat bertemu calon presiden Prabowo Subianto usai sama-sama mencoba kereta MRT di Stasiun MRT Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (13/7/2019). Dalam kesempatan tersebut Prabowo Subianto mengucapkan selamat kepada Joko Widodo yang ditetapkan sebagai calon presiden terpilih pada pemilihan presiden 2019. Tribunnews/Jeprima 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Glery Lazuardi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Staf Ahli Bidang Sosial Politik Kapolri, Irjen Pol, Ike Edwin, menilai pertemuan Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang berlangsung dalam suasana santun dan bertata krama mencerminkan budaya bangsa Indonesia.

Dia melihat suasana keakraban mulai dari duduk berdampingan menikmati perjalanan dari Lebak Bulus menuju Senayan dengan moda transportasi umum MRT hingga makan siang di salah satu tempat makan di kawasan Senayan.

“Kita senang dan bahagia, karena kedua tokoh nasional ini akhirnya bertemu. Beliau-beliau bertemu dalam suasana gembira. Artinya, ini memberi harapan untuk semua rakyat. Mudah-mudahan ke depan bangsa ini bertambah baik," kata Ike, Minggu (14/7/2019).

Selama ini, kata dia, Prabowo sering mengkritisi kelemahan pemerintahan Jokowi, terutama terkait banyaknya kebocoran anggaran dan lemahnya upaya pemberantasan korupsi.

Adanya pertemuan Jokowi dan Prabowo, Ike Edwin berharap terjalin sinergitas pemikiran antar kedua tokoh tersebut, khususnya dalam upaya pemberantasan korupsi.

Baca: Gara-gara Candaan Dianggap Serius, Seorang Kakek Cekoki Cucunya Alkohol Sampai Tewas

Menurut dia, upaya pemberantasan korupsi saat ini sudah berjalan dengan baik. Meskipun, dia tidak menampik masih banyak kelemahan yang perlu diperbaiki dalam pemberantasan tindak pidana korupsi di Indonesia, terutama yang menyangkut upaya pencegahan dan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU). 

Baca: Besok, Amien Rais Sampaikan Pernyataan Politik Sikapi Pertemuan Prabowo dan Jokowi di Stasiun MRT

“Mudah-mudahan kedepan kita bikin yang lebih baik lagi. Pemerintahan yang sekarang juga sudah baik. Mudah-mudahan kedepan negara ini lebih baik di bawah kepemimpinan Pak Jokowi,” tutur Mantan Dirtipikor Mabes Polri yang mengungkap kasus korupsi pajak Gayus Tambunan ini.

Jokowi akhirnya bertemu dengan kompetitornya di Pilpres 2019, Prabowo Subianto. Tanpa diduga pertemuan ternyata digelar di stasiun MRT, Lebak Bulus pada Sabtu, (13/7/2019). Pantauan Tribunnews.com, pertemuan ini diawali dari Jokowi yang mengajak Prabowo bertemu di Stasiun MRT Lebak Bulus sekitar pukul 10.00 WIB.

Baca: Kasus Ikan Asin, Hotman Paris Nyindir, Halo Pengacara Muda: Lihat Caraku Nanganin Kasus. . .

Tampak Prabowo hadir lebih dulu pukul 09.51, selang beberapa menit Jokowi hadir. Sebelum masuk ke rangkaian MRT, ketuanya saling bertegur sapa dan bersalaman. 

Halaman
12
Penulis: Glery Lazuardi
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved