Suap di Krakatau Steel

Mantan Direktur PT Krakatau Steel Segera Jalani Sidang Terkait Kasus Suap

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) segera menyidangkan dua tersangka kasus suap terkait pengadaan barang dan jasa di PT Krakatau Steel.

Mantan Direktur PT Krakatau Steel Segera Jalani Sidang Terkait Kasus Suap
Tribunnews/JEPRIMA
Direktur Teknologi PT Krakatau Steel (persero) Sekaligus Tersangka Wisnu Kuncoro usai menjalani pemeriksaan oleh penyidik KPK di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Sabtu (23/3/2019). Kuncoro selaku pihak penerima dijerat dengan Pasal 12 huruf a atau huruf b atau Pasal 11 Undang-undang (UU) Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP. (Tribunnews/Jeprima) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ilham Rian Pratama

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) segera menyidangkan dua tersangka kasus suap terkait pengadaan barang dan jasa di PT Krakatau Steel.

Direktur Teknologi dan Produksi PT Krakatau Steel, Wisnu Kuncoro dan Alexander Muskitta seorang wiraswasta bakal dilimpahkan ke tahap penuntutan.

Keduanya merupakan tersangka penerima suap.

"Penyidikan untuk dua orang tersangka dalam kasus suap terkait pengadaan barang dan jasa di PT Krakatau Steel (Persero) telah selesai. Penyidik menyerahkan berkas dan tersangka ke penuntut umum dan kemudian penuntut umum pada KPK akan menyusun dakwaan untuk diajukan ke persidangan," ujar Juru Bicara KPK, Febri Diansyah, kepada pewarta, Jumat (19/7/2019).

Baca: Periksa Rizal Ramli Dalam Kasus BLBI, Empat Hal Ini yang Didalami KPK

Baca: Jusuf Kalla: NasDem Tetap Tenang Tak Ikut-ikut Minta Jatah Menteri

Baca: Sekjen PAN: 10 Bulan Berada di Luar Pemerintahan Kami Sesak Nafas

Adapun rencana sidang terhadap dua tersangka tersebut akan dilakukan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta.

Sampai saat ini, kata Febri, telah dilakukan pemeriksaan terhadap sekitar 43 saksi untuk dua tersangka tersebut dengan unsur General Manager Blast Furnace Complex PT Krakatau Steel, General Manager Procurement PT Krakatau Steel, GM Rolling Mill PT Krakatau Steel.

Selanjutnya, Manager dan pegawai PT Krakatau Steel (Persero), Assistant to President Director PT Grand Kartech, pegawai PT Grand Kartech, pegawai PT Tjokro Bersaudara, Direktur PT Fajar Mitra Hutama, karyawan swasta, dan wiraswasta.

Sedangkan untuk pihak pemberi, yaitu Kenneth Sutarja seorang pengusaha PT Grand Kartech dan Kurniawan Eddy Tjokro berprofesi karyawan swasta saat ini dalam proses persidangan di Pengadilan Tipikor Jakarta.

KPK ingin Krakatau Steel Berbenah

Halaman
12
Penulis: Ilham Rian Pratama
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved