Pemilu 2019

Demokrat Juga Incar Kursi Ketua MPR, Kenang Masa SBY Menang 2009-2014

Untuk mengapai keinginan itu partai yang dipimpin Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini akan melakukan upaya lobi ke partai-partai lain.

Demokrat Juga Incar Kursi Ketua MPR, Kenang Masa SBY Menang 2009-2014
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Syarief Hasan memberikan keterangan pers usai rapat pleno di kantor Partai Demokrat, Jakarta, Senin (6/3/2017). Partai Demokrat melakukan rapat pleno membahas Pilkada serentak 2017 secara keseluruhan namun belum memastikan langkah yang diambil pada Pilkada putaran kedua DKI Jakarta. TRIBUNNEWS/HERUDIN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Partai Demokrat juga mengincar kursi Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI.

Untuk mengapai keinginan itu partai yang dipimpin Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini akan melakukan upaya lobi ke partai-partai lain.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, Syarief Hasan, kepada wartawan, Jakarta, Senin (22/7/2019).

Bahkan, menurut mantan Menteri Koperasi dan UKM era SBY itu membeberkan kemesraan partainya dengan PDI Perjuangan pada 2009 lalu.

Saat itu, Demokrat sebagai pemenang pemilu legislatif 2009 menduduki jabatan Ketua DPR yang dijabat Marzuki Alie.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bersalaman dengan Ketua MPR Taufik Kiemas, saat acara peringatan hari lahir Pancasila yang jatuh setiap tanggal 1 Juni, di Gedung Nusantara IV, komplek Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (1/6/2011). Hari Lahir Pancasila diperingati untuk mengingatkan masyarakat bahwa bangsa Indonesia memiliki nilai-nilai luar biasa sebagai penangkal globalisasi. (tribunnews/herudin)
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bersalaman dengan Ketua MPR Taufik Kiemas, saat acara peringatan hari lahir Pancasila yang jatuh setiap tanggal 1 Juni, di Gedung Nusantara IV, komplek Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (1/6/2011). Hari Lahir Pancasila diperingati untuk mengingatkan masyarakat bahwa bangsa Indonesia memiliki nilai-nilai luar biasa sebagai penangkal globalisasi. (tribunnews/herudin) (TRIBUNNEWS/HERUDIN)

Sementara, kursi Ketua MPR kala itu dijabat almarhum Taufik Kiemas PDI Perjuangan.

Baca: Polisi Bongkar Kepanikan Nunung Saat Petugas Gerebek Rumahnya, Lari ke Toiler dan Buang Barbuk

"Jadi 2009-2014, masa-masa mesranya Demokrat dengan PDI Perjuangan. Pada saat itu Partai Demokrat Ketua DPR , PDI Perjuangan, jadi Ketua MPR. Dan itu didukung penuh oleh Partai Demokrat," tutur Syarief Hasan.

Oleh karena itu Syarief Hasan menegaskan Demokrat siap jika diajak PDI Perjuangan untuk bergabung dalam paket yang sama pimpinan MPR RI untuk periode 2019-2024.

"Sangat siap, sangat siap. Kita kan sudah berpengalaman dalam PDIP, jadi saya pikir itu sejarah yang betul-betul patut menjadi pelajaran bagi kita bahwa kalau kita berkolaborasi dengan baik, saya pikir bangsa ini akan lebih bagus ke depan," tegas Syarief Hasan.

Bukan itu saja, kata dia, partai Demokrat telah menyiapkan nama kader untuk menduduki kursi pimpinan MPR.

Halaman
12
Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved