Bendungan Sei Gong Telan Anggaran Rp 238,44 Miliar

Pemerintah Pusat gelontorkan dana sebesar Rp 238,44 miliar untuk pembangunan Bendungan Sei Gong di Pulau Galang Desa Sijantung.

Bendungan Sei Gong Telan Anggaran Rp 238,44 Miliar
dok. Kementerian PUPR

Pemerintah Pusat gelontorkan dana sebesar Rp 238,44 miliar untuk pembangunan Bendungan Sei Gong di Pulau Galang Desa Sijantung, Kecamatan Galang, Kota Batam, Provinsi Kepri.

Proses pengerjaan proyek dimulai pada Oktober 2015 sampai dengan Desember 2018. Bendungan Sei Gong memiliki luas 356 hektar dengan kapasitas 11,8 juta M³.

Kepala Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) Balai Wilayah Sumatera (BWS) PJSA (Pelaksanaan Jaringan Sumber Air) Direktorat Jenderal Sumber Daya Air (Ditjen SDA) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Sumatera IV Handri Alun Bawono mengatakan proses pengerjaan bangunan utama Bendungan Sei Gong sudah 100 persen selesai dikerjakan.

pupr-230719-3

"Saat ini kita sudah bisa melakukan impounding (Pengisian Bendungan_red). Selanjutnya nanti akan dilakukan proses desalinasi atau dilakukan dengan menutup pintu klep pada hilir saluran pengelak yang memungkinkan air laut (air asin) tidak masuk ke tampungan saat air laut pasang naik, dan pada saat air laut surut air dari dalam tampungan (payau) mengalir ke laut. Sehingga kadar garam pada tampungan akan menurun. Pelaksanaan desalinasi dihentikan (Mulai pengisian tampungan) apabila hasil uji mutu air tampungan sudah memenuhi syarat kelayakan air baku," kata Handri Alun.

Proses desalinasi sendiri akan dilakukan kurang lebih satu sampai dua tahun ke depan.

Pendistribusian air dari Bendungan Sei Gong sendiri Ditjen SDA akan berkoordinasi dan bekerja sama dengan Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR dan BP Batam, untuk membangun instalasi pengolahan air baku dan membangun jaringan pendistribusian air baku.

Dia juga mengatakan Instalasi pengolahan air baku sendiri saat ini masih dalam studi oleh tim di BP Batam.

Air dari Bendungan Sei Gong nantinya diutamakan untuk memenuhi kebutuhan warga di Kecamatan Galang."dan juga untuk membantu memenuhi kebutuhan air di kecamatan lainnya di Kota Batam," kata Handri Alun.

Bendungan Sei Gong bisa mensuplai kebutuhan air baku di Kota Batam sebesar 400 liter per detik. Sementara sumber air Bendungan Sei Gong berasal dari Sungai Gong dan curah hujan yang turun.(*)

Editor: Content Writer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved