Pemilihan Wali Kota Solo

Gibran Masuk Bursa Wali Kota Solo, Jokowi: Ada Survei Begitu Saja kok Bingung, Terserah Anaknya

Jokowi mengaku tak ambil pusing terkait hasil survei Gibran masuk bursa calon wali kota Solo dan menyerahkan sepenuhnya kepada Gibran.

Gibran Masuk Bursa Wali Kota Solo, Jokowi: Ada Survei Begitu Saja kok Bingung, Terserah Anaknya
Foto: BPMI Setpres
Presiden Jokowi dan Gibran Rakabuming Raka saat santap siang di rumah makan Ayam Goreng Kampung Mbah Karto, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, Minggu, 28 Juli 2019. Dalam kesempatan tersebut keduanya berkomentar soal survei Calon Wali Kota Surakarta 2020-2025. 

TRIBUNNEWS.COM, SUKOHARJO - Nama Gibran Rakabuming Raka, putra sulung Presiden Joko Widodo, masuk dalam survei bursa calon Wali Kota Surakarta di Pilkada Serentak 2020.

Namun Joko Widodo (Jokowi) mengaku tak ambil pusing terkait hasil survei itu dan menyerahkan sepenuhnya kepada Gibran untuk bersikap.

Dalam survei itu, nama Gibran menempati posisi kedua dari sejumlah tokoh.

"Ada survei begitu saja kok pada bingung, heboh. Kalau saya, serahkan kepada anaknya, Mas Gibran," kata Jokowi ketika ditemui seusai santap siang di Rumah Makan Mbah Karto Tembel, Sukoharjo, Jawa Tengah, Minggu (28/7/2019).

Jokowi menyampaikan, tugas dirinya sebagai orang tua memberikan dukungan atas apapun yang hendak dijalankan sang anak.

Hanya saja ia mengingatkan apapun jalan karier atau pilihan yang ditempuh hendaknya selalu disertai kemandirian dan tanggung jawab.

"Saya paksa kalau nggak mau bagaimana? Itu demokratis. Silakan, yang paling penting di setiap jabatan apapun, di setiap karir apapun, yang paling penting tanggung jawab. Kemandirian dan tanggung jawab, itu saja," ucapnya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan cucunya, Jan Ethes, turun dari mobil sesampainya di Rumah Makan Mbah Karto, Sukoharjo, Minggu (28/7/2019). TRIBUNSOLO.COM/AGIL TRI
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan cucunya, Jan Ethes, turun dari mobil sesampainya di Rumah Makan Mbah Karto, Sukoharjo, Minggu (28/7/2019). TRIBUNSOLO.COM/AGIL TRI (Tribunsolo.com/Agil Tri)

Gibran yang saat itu mendampingi Jokowi mengatakan berterima kasih atas pandangan positif yang diberikan masyarakat Surakarta melalui survei tersebut.

Ia juga mengamini apa yang telah disampaikan sang ayah sebelumnya.

"Di keluarga saya, Bapak dan Ibu itu tidak pernah memaksakan harus jadi ini, harus jadi itu, harus jadi pengusaha, atau harus jadi apa. Di keluarga kami itu cukup demokratis, nggak ada pemaksaan," tuturnya.

Halaman
1234
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved