Sambut Pilkada Serentak 2020, PDIP Lakukan Penjaringan Calon Kepala Daerah

PDI Perjuangan terus bersiap menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020 di 270 kabupaten/kota dan provinsi.

Sambut Pilkada Serentak 2020, PDIP Lakukan Penjaringan Calon Kepala Daerah
TRIBUNNEWS.COM/Fransiskus Adhiyuda
Ketua DPP PDIP bidang Pemenangan Pemilu Bambang DH 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PDI Perjuangan terus bersiap menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020 di 270 kabupaten/kota dan provinsi.

Persiapaan yang dilakukan PDIP yakni segera melakukan penjaringan bakal calon kepala dan wakil kepala daerah.

Ketua DPP PDIP bidang Pemenangan Pemilu (Bappilu) Bambang DH mengatakan, berdasarkan aturan internal partai, proses penjaringan harus sudah dimulai paling lambat satu tahun sebelum pilkada digelar.

Penjaringan akan dilakukan mulai dari tingkat kabupaten/kota. Selanjutnya, hasil penjaringan akan dibahas hingga ke DPP untuk dikeluarkan rekomendasi.

"Nanti proses berjalan Bulan Februari. Masih ada waktu. Proses awal bisa dimulai September ini, paling lambat ya 22 September karena Pilkada 2020 jatuh pada 23 September 2020," ujar Bambang DH saat ditemui di Kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (5/8/2019).

Bambang mengatakan, tahapan proses penjaringan harus dilakukan secara tertib, disiplin sebagai langkah untuk memenangkan Pilkada Serentak 2020.

Terkait adanya sejumlah daerah yang sekarang sudah mulai muncul nama bakal calon, mantan wali kota Surabaya itu mengatakan, kondisi ini menunjukkan bahwa dinamika politik di daerah berlangsung sangat bagus.

"Beberapa daerah sudah mulai curi-curi start dan ini kita pandang positif lah karena dengan demikian, persiapan jadi lebih baik," ungkapnya.

Terkait target kemenangan pada Pilkada serentak 2024 mendatang, Bambang mengatakan bahwa target pemenangan baru akan dibahas dalam Kongres V PDIP yang akan digelar di Bali, mulai 8-10 Agustus mendatang.  

Baca: Tegaskan Tak Bajak Parpol Lain, PDIP Banggakan Sekolah Calon Kepala Daerah

Halaman
12
Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Fajar Anjungroso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved