Kongres PDI Perjuangan

Kehadiran Prabowo di Kongres PDIP, Sinyal Baik Dalam Politik Kita

Menurut dia, masih sulit Gerindra akan bergabung ke dalam koalisi pemerintahan Jokowi-Maruf Amin untuk periode 2019-2024.

Kehadiran Prabowo di Kongres PDIP, Sinyal Baik Dalam Politik Kita
Instagram @puanmaharaniri
Prabowo, Megawati, dan Puan Maharani saat selfie bersama di Kongres PDIP 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Kehadiran Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dalam Kongres V PDI Perjuangan menjadi contoh baik dalam dunia politik Indonesia pascapemilu 2019 lalu.

Pengamat politik dari Universitas Jenderal Achmad Yani, Arlan Siddha menilai hadirnya Prabowo itu sangat mencairkan konstelasi politik yang sudah dibangun sejak pertemuan MRT dengan Joko Widodo.

"Ini sebuah sinyal baik dalam politik kita. Artinya komunikasi politik yang dibangun Prabowo lebih tepatnya ingin membangun kembali hubungan yang baik di antara partai politik apalagi Gerindra dan PDIP memiliki platform partai yang sama dengan mengusung nasionalisme," ujar Arland Siddha kepada Tribunnews.com, Jumat (9/8/2019).

Jika berbicara sinyal apakah ini sinyal Gerindra akan bergabung dengan koalisi pemerintahan Jokowi?

Menurut dia, masih sulit Gerindra akan bergabung ke dalam koalisi pemerintahan Jokowi-Maruf Amin untuk periode 2019-2024.

Baca: Elly Sugigi Klaim Lagi Didekati Dua Pria Bule Sekaligus

Jokowi pasti juga akan memikirkan perasaan dari partai-partai politik yang selama pilpres 2019 lalu sudah berjuang dan berdarah-darah untuk memenangkannya.

"Jika saya melihat dalam perspektif koalisi agak sulit. Sebab Jokowi pada saat ini juga perlu memikirkan perasaan koalisi partai yang selama ini sudah mendukung di Pilpres," jelasnya.

Namun kata dia, bukan berarti tertutup pintu bagi Gerindra untuk masuk ke dalam pemerintahan.

Apalagi melihat manuver yang terus dilakukan Prabowo yang terus menjalani komunikasi dengan partai pengusung Jokowi, khususnya PDI Perjuangan.

Presiden Joko Widodo bersama Wapres Jusuf Kalla, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Wapres terpilih Maruf Amien, dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menghadiri pembukaan Kongres ke-V PDI Perjuangan di Bali, Kamis (8/8/2019). Kongres yang akan berlangsung sampai hari Sabtu 10 Agustus 2019 tersebut mengagendakan pidato politik Megawati Soekarnoputri dan penyusunan kepengurusan partai. TRIBUN BALI/RIZAL FANANI
Presiden Joko Widodo bersama Wapres Jusuf Kalla, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Wapres terpilih Maruf Amien, dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menghadiri pembukaan Kongres ke-V PDI Perjuangan di Bali, Kamis (8/8/2019). Kongres yang akan berlangsung sampai hari Sabtu 10 Agustus 2019 tersebut mengagendakan pidato politik Megawati Soekarnoputri dan penyusunan kepengurusan partai. TRIBUN BALI/RIZAL FANANI (TRIBUN BALI/RIZAL FANANI)

Ia melihat bisa jadi ini bagian dari strategi Gerindra dan PDIP untuk pemilu 2024.

Halaman
123
Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved