Isu Diaspora dan SDM IPTEK, BPPT: Kami ini Peneliti dan Perekayasa, Tapi Kekurangan S2 dan S3

Memimpin sebuah lembaga yang berfokus pada bidang kaji-terap teknologi, ia merasa isu diaspora sangat penting untuk dibahas.

Isu Diaspora dan SDM IPTEK, BPPT: Kami ini Peneliti dan Perekayasa, Tapi Kekurangan S2 dan S3
Fitri Wulandari/Tribunnews.com
Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Hammam Riza, dalam wawancara eksklusif bersama Tribunnews, di Kantor BPPT, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (6/8/2019). 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kontribusi diaspora sangat dibutuhkan Indonesia dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dalam membangun perekonomian.

Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) telah menyampaikan hal tersebut saat membacakan visi untuk kepemimpinannya pada periode kedua, beberapa waktu lalu.

Harapan agar para diaspora bisa memberikan sumbangsih dalam upaya memajukan perekonomian bangsa melalui pengembangan SDM pun disambut positif 'mereka' yang merantau ke negeri orang.

Hal itu diwujudkan dalam Kongres Diaspora Indonesia Ke-5 (The Fifth Congress of Indonesian Diaspora) yang berfokus pada pembangunan SDM.

Kongres bertajuk 'Empowering Indonesia's Human Capital' tersebut dibuka di The Kasablanka Hall, Mall Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, pada Sabtu (10/8/2019) pagi.

Menyoroti acara yang dihadiri ribuan partisipan, baik dari luar negeri maupun dalam negeri itu, Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Hammam Riza turut menyampaikan tanggapannya.

Memimpin sebuah lembaga yang berfokus pada bidang kaji-terap teknologi, ia merasa isu 'diaspora' sangat penting untuk dibahas.

Pernyataan tersebut ia sampaikan dalam wawancara eksklusif bersama Tribunnews, di Kantor BPPT, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (6/8/2019).

Para diaspora ini tentunya memiliki keahlian dalam berbagai bidang, termasuk teknologi.

Halaman
1234
Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved