Kongres Diaspora Indonesia Ke-5: SDM Kunci Sukses Pembangunan Indonesia

Pemerintah memang akan lebih fokus pada pengembangan SDM dan penguasaan terhadap IPTEK untuk lima tahun ke depan.

Kongres Diaspora Indonesia Ke-5: SDM Kunci Sukses Pembangunan Indonesia
Tribunnews.com/Fitri Wulandari
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi saat menghadiri Pembukaan Kongres Diaspora Indonesia ke-5 (The Fifth Congress of Indonesian Diaspora) di The Kasablanka Hall, Mall Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Sabtu (10/8/2019). 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 memang tidak lagi terlalu berfokus pada infrastruktur, namun pada peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

Seperti yang disampaikan Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) dalam Visi Indonesia beberapa waktu lalu, yang menyebutkan bahwa pembangunan SDM akan menjadi target untuk kepemimpinannya pada periode kedua.

Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2020 mengambil tema peningkatan SDM dalam pertumbuhan yang berkualitas.

Pemerintah memang akan lebih fokus pada pengembangan SDM dan penguasaan terhadap IPTEK untuk lima tahun ke depan.

Hal itu agar kelak Indonesia bisa tumbuh secara berkelanjutan atau sesuai Sustainable Development Goals (SDGs) yang memiliki target berpenghasilan menengah tinggi.

Para diaspora, sebagai salah satu pion untuk meningkatkan kualitas SDM demi membangun perekonomian bangsa pun menyambut baik seruan Jokowi.

Mereka menggelar Kongres Diaspora Indonesia ke-5 (The Fifth Congress of Indonesian Diaspora) bertajuk 'Empowering Indonesia's Human Capital' pada 10, 12 dan 13 Agustus 2019.

Opening Kongres Diaspora Indonesia ke-5 (The Fifth Congress of Indonesian Diaspora) - CID5 yang digelar di The Kasablanka Hall, Mall Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Sabtu (10/8/2019).
Opening Kongres Diaspora Indonesia ke-5 (The Fifth Congress of Indonesian Diaspora) - CID5 yang digelar di The Kasablanka Hall, Mall Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Sabtu (10/8/2019). (Tribunnews.com/Fitri Wulandari)

Pembukaan acara digelar di The Kasablanka Hall, Mall Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Sabtu (10/8/2019) pagi.

Presiden IDN Global 2017-2019 Mark Gerald Eman mengatakan bahwa tema yang diusung kali ini sengaja berfokus pada SDM.

Halaman
12
Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved