Polri Kantongi Identitas Pengeksekusi Briptu Heidar

Diketahui, Briptu Heidar selaku anggota Ditreskrimum Polda Papua sempat disandera oleh KKB Papua saat menyelidiki wilayah di Kabupaten Puncak Jaya.

Polri Kantongi Identitas Pengeksekusi Briptu Heidar
Vincentius Jyestha/Tribunnews.com
Brigjen Pol Dedi Prasetyo 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mabes Polri telah mengantongi identitas pengeksekusi anggota Ditreskrimum Polda Papua Briptu Heidar yang sempat disandera kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua.

Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan penembak Briptu Heidar diduga berinisial JM yang merupakan anggota kelompok G.

Kelompok itu disebut Dedi menguasai wilayah atau daerah tempat Briptu Heidar tengah melakukan penyelidikan hingga disergap.

"Yang diduga melakukan eksekusi penembakan terhadap Briptu Heidar itu namanya JM, dari kelompok G. Daerah tersebut dikuasai oleh kelompok G," ujar Dedi, di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (13/8/2019).

Baca: Sarjono Kartosuwiryo, Putra Pendiri DI/TII Himbau 2 Juta Anggotanya Ikut Ikrarkan Pancasila

Mantan Wakapolda Kalimantan Tengah itu menyebut JM melakukan penembakan menggunakan senjata laras panjang kepada Briptu Heidar.

Penembakan itu, kata dia, mengenai bagian kepala dan dilakukan saat Briptu Heidar berusaha melarikan diri.

"Diduga menggunakan senjata laras panjang melakukan penembakan terhadap Briptu Heidar, kan melarikan diri, dari jarak sekian meter ditembak dari belakang mengenai kepala," tandasnya.

Briptu Heidar, anggota Ditreskrim Polda Papua yang ditemukan gugur.
Briptu Heidar, anggota Ditreskrim Polda Papua yang ditemukan gugur. (Kompas.com/Dok Istimewa)

Sebelumnya diberitakan, Mabes Polri mengatakan Briptu Heidar sempat berusaha melarikan diri sebelum akhirnya tewas ditembak oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua.

Baca: Aa Gym Jadi Tukang Potong Rambut Saat Tahalul, Jamaah Haji Antre Demi Dicukur sang Dai Kondang

Diketahui, Briptu Heidar selaku anggota Ditreskrimum Polda Papua sempat disandera oleh KKB Papua saat menyelidiki wilayah di Kabupaten Puncak Jaya.

"Dapat informasi Briptu Heidar ini melarikan diri, berontak melarikan diri. Pada saat melarikan diri tertembak oleh KKB tersebut," ujar Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo, di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (13/8/2019).

Mantan Wakapolda Kalimantan Tengah itu menyebut tim gabungan dari TNI-Polri telah melakukan proses evakuasi kepada jenazah Briptu Heidar.

Jenderal bintang satu itu juga menuturkan jenazah diterbangkan dari Timika menuju kampung halaman almarhum ke Makassar, pukul 12.00 WIT.

Baca: Pengamat: KPK Perlu Tetapkan Tersangka Baru Kasus e-KTP

Adapun atas jasanya, Briptu Heidar menerima anugerah kenaikan pangkat luar biasa satu pangkat lebih tinggi menjadi Brigpol.

"Jam 12 tadi diterbangkan menggunakan pesawat Sriwijaya dari Timika menuju ke rumah duka di daerah Makassar untuk dimakamkan hari ini juga," pungkasnya.

Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved