Pemindahan Ibu Kota Negara

Kepastian Pengumuman Lokasi Ibu Kota, Kepala Bappenas: Tunggu Pidato Presiden

Dirinya menerangkan, ibu kota baru akan memiliki luas pusat pemerintahan sebesar 6.000 hektare dan akan dibangun bertahap.

Kepastian Pengumuman Lokasi Ibu Kota, Kepala Bappenas: Tunggu Pidato Presiden
Rina Ayu/Tribunnews.com
Menteri PPN/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang P.S. Brodjonegoro, yang ditemui usai diskusi di kantor Ombudsman RI (ORI), Kuningan, Jakarta Selatan ini, pada Kamis (15/8/2019). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Menteri PPN/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang PS Brodjonegoro memberi sinyal kepastian pengumuman lokasi ibu kota baru.

Ia yang ditemui usai diskusi di kantor Ombudsman RI (ORI), Kuningan, Jakarta Selatan ini, mengatakan, pengumuman akan langsung disampaikan oleh Presiden Jokowi pada pidato kenegaraan di Gedung MPR/DPR RI.

"Ya tunggu pidato Presiden Jokowi besok," ucap singkat Bambang, Kamis (15/8/2019).

"Pidatonya kapan, 16 itu kapan, ya tunggu besok. Masa saya yang ngomong pidatonya besok kok," lanjut dia.

Baca: Anak Bangsa Berhasil Mengolah Sampah Plastik Jadi Bahan Bakar

Dirinya menerangkan, ibu kota baru akan memiliki luas pusat pemerintahan sebesar 6.000 hektare dan akan dibangun bertahap.

"Kemudian wilayah kotanya sendiri tahapan pertama 40ribu nanti diperluas bisa jadi 100 ribu hektare," tutur mantan menteri keuangan era Jokowi ini.

Selain itu, lokasi baru ibu kota juga, tutur Bambang, telah dikaji dan dianalisa memiliki resiko bencana paling kecil termasuk ancaman kebakaran hutan yang jadi langganan bencana di Pulau Kalimantan.

"Oh itu sudah jadi masukan, makanya kita akan fokus pada lokasi minimum resiko bencananya termasuk kebakaran hutan," terang dia.

Baca: Merek Terkenal Dunia Jadi Sasaran Kemarahan China Karena Hong Kong

Sebelumnya, saat bertemu pimpinan media massa di Istana Merdeka pada Rabu (14/8/2019), Jokowi mengungkap rencana menyampaikan informasi pemindahan ibu kota tergantung dari kesiapan Bappenas.

"Kita tunggu saja hari-hari ini Bappenas menangani hal itu," singkat Jokowi.

Presiden Jokowi sendiri sejak beberapa waktu lalu berjanji bakal menyampaikan lokasi pemindahan ibu kota pada Agustus 2019.

Hingga kini, Jokowi belum juga memberikan informasi terkait rencana pemindahan ibu kota baru.

Baca: Banyak Pengacara di Australia Alami Depresi

Jokowi hanya menyebut, ibu kota akan dipindah ke Kalimantan tanpa menyebut lokasi detail.

Sebelumnya dalam Ratas soal pemindahan Ibu Kota, Jokowi sudah meminta para menteri pembantunya untuk menyediakan anggaran hingga belajar dari negara-negara lain yang sukses memindahkan ibu kota.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved